Sukses

Jokowi Minta Perbaikan Proses Rekrutmen CPNS 2019

Menteri Tjahjo Kumolo akan menyisir kebutuhan guru dan kesehatan untuk CPNS.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo menghadap Presiden Joko Widodo atau Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta. Jokowi meminta agar Tjahjo memperbaiki sistem rekrutmen CPNS 2019.

"Dipanggil Bapak Presiden untuk mendengarkan tambahan arahan Bapak Presiden, berkaitan visi misi Bapak Presiden, skala prioritas yang berkaitan dengan reformasi birokrasi. Intinya, perbaikan rekrutmen CPNS," kata Tjahjo di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (19/11/2019).

Untuk itu, Tjahjo akan menyisir kebutuhan guru dan kesehatan untuk CPNS tahun ini. Sebab, seleksi kali ini belum bisa memenuhi kebutuhan tenaga di sektor kesehatan dan pendidikan.

"Yang 4,2 juta ASN kita tetap, mengurangi dan menyeleksi, dan mendidik 1,6 juta tenaga administrasi. Ini yang merangkap guru, perawat, dan tenaga pendidik," ujar dia.

Selain itu, Jokowi menekankan soal perampingan serta penataan birokrasi organisasi pemerintah. Mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga memberikan arahan yang menyangkut reformasi regulasi, membangun harmonisasi antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dengan membangun inovas-inovasi.

"Kesimpulannya harus membangun hubungan tata kelola pemerintah yang harus semakin efektif efisien, mempercepat reformasi birokrasi untuk penguatan di semua bidang," ucap Tjahjo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sinergi untuk Reformasi Birokrasi

Politisi PDI Perjuangan itu menyebut dalam konteks reformasi birokrasi, kementeriannya akan bersinergi dengan sejumlah kementerian/instansi.

Salah satunya dengan Kementerian Dalam Negeri, Kemenko Polhukam, Kantor Staf Presiden dan Ombudsman Republik Indonesia (ORI).

"Arahan Pak Presiden, target harus terukur, mencermati berbagai aspek, waktunya, manfaat yang termonitor dan terevaluasi dengan baik, kemudian diharapkan Kemenpan RB konsisten membangun sistem reformasi birokrasi. Sekarang sudah jalan, tapi kebanyakan hanya di kulit," jelas Tjahjo.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • CPNS adalah pegawai yang baru lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama.

    CPNS

  • CPNS 2019