Sukses

BMKG: Waspada Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang hingga 20 November 2019

BMKG menyebut terdapat perputaran angin yang cepat di perairan Kepulauan Natuna Utara.

Liputan6.com, Jakarta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan hasil prakiraan adanya potensi hujan lebat, angin kencang, kilat, dan petir dalam tiga hari ke depan (18-20 November 2019) di beberapa wilayah Indonesia.

Hasil pantauan BMKG menunjukkan terdapat potensi hujan lebat yang terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat, dan Papua. Daerah yang memiliki potensi hujan sangat besar terdapat di Pesisir barat Sumatera, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua Barat dan Papua.

BMKG menyebutkan terdapat perputaran angin yang cepat di perairan Kepulauan Natuna Utara. Pusat putarannya berada di Perairan Timur Aceh dan Perairan Utara Papua. Belokan angin di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara Papua Barat dan Papua.

BMKG memprakirakan mulai 18 November 2019 hingga 20 November 2019 wilayah yang berpotensi hujan lebat di Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kep. Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur. Potensi hujan lebat diprakirakan terjadi di Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat hanya pada 20 November 2019.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Masyarakat Diimbau Berhati-hati

Wilayah yang berpotensi hujan lebat disertai angin kencang, hari ini hingga besok adalah Jabodetabek, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua.

Hingga kini, BMKG terus memberikan informasi peringatan dini kepada masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir tersebut.

BMKG menghimbau masyarakat agar selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.
    Cuaca ekstrem merupakan suatu kondisi cuaca atau iklim yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu yang sangat jarang terjadi.

    Cuaca Ekstrem

  • Hujan