Sukses

Indonesia-Malaysia Segera Akhiri Polemik Batas Pulau Sebatik

Polemik menahun batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan menuju titik terang.

Liputan6.com, Jakarta - Polemik menahun batas negara Indonesia dengan Malaysia di Pulau Sebatik, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara akan menuju titik terang.

Kepala Pusat Pemetaan Batas Wilayah Badan Informasi Geospasial (BIG) Ade Komara Mulyana mengatakan Indonesia dan Malaysia akan menyepakati penyelesaian Outstanding Boundary Problem (OBP) di Pulau Sebatik pada tahun depan.

"Mudahan tahun depan akan kita tanda tangani MOUnya Pulau Sebatik," kata Ade dalam diskusi 'Apakabar Perbatasan Indonesia dan Malaysia' di Hotel Ibis Tamarin, Jakarta Pusat, Sabtu (16/11/2019).

Ade menjelaskan Indonesia dan Malaysia sudah menyepakati hal tersebut secara teknis. Pilar berbatas yang dibangun Inggris- Belanda nantinya akan diganti.

"Pilar-pilar baru ini akan jadi perbatasan Indonesia - Malaysia di Pulau Sebatik. Pilar ini dibangun Indonesia oleh Tim Direktorat Topografi Angkatan Darat," kata Ade.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Sedang Dilakukan Pengukuran Koordinat

Kemudian kata dia pengukurannya kordinatnya GPS pun saat ini sedang berlangsung. Dan nantinya dalam waktu dekat pilar tersebut akan dihancurkan.

"Supaya tidak membingungkan nanti dalam waktu dekat pilar lama akan dihancurkan," ungkap Ade.

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.