Sukses

Menko Polhukam: Tidak Ada Bukti Rizieq Shihab Dicekal

Mahfud meminta jika memang ada bukti Indonesia yang melakukan pencekalan, dia meminta agar bukti tersebut diserahkan kepadanya.

Liputan6.com, Jakarta Menko Polhukam Mahfud Md mengatakan, sampai sekarang tidak ada bukti atau indikasi Pemimpin front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab dicekal oleh Indonesia.

Diketahui, Rizieq mengaku tidak bisa pulang ke Indonesia lantaran dicekal pemerintah Arab Saudi. Dia mengaku, surat pencekalan itu dibuat atas permintaan pemerintah Indonesia dengan alasan keamanan.

"Jadi begini ya sampai hari ini tidak ada bukti atau indikasi bahwa pemerintah Indonesia mencekal Habib Rizieq, karena menurut hukum Indonesia orang dicekal itu maksimal enam bulan. Dia ngakunya sudah satu setengah tahun dicekal, berarti tidak bermasalah dengan Indonesia dia," kata Mahfud di kantornya, Jakarta, Selasa (12/11/2019).

Dia pun meminta Rizieq Shihab menanyakan hal tersebut ke pihak Arab Saudi. "Itu harus ditanyakan ke Arab Saudi kenapa dia dicekal, kita enggak tahu," ungkap Mahfud.

Mahfud meminta jika memang ada bukti Indonesia yang melakukan pencekalan, dia meminta agar bukti tersebut diserahkan kepadanya.  

"Kalau ada bukti Indonesia yang mencekal bilang ke saya. Nanti saya selesaikan," pungkasnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.