Sukses

BMKG: 2 Gempa Getarkan Tanah Air Hari Ini

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Mamasa, Sulawesi Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini kembali menggetarkan Indonesia. Hingga pukul 19.00 WIB, ada dua wilayah di Nusantara yang dibuat bergetar oleh lindu.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Kamis (7/11/2019).

Lindu pertama pada hari ini terjadi di wilayah Mamasa, Sulawesi Barat. Gempa tersebut berpusat di darat 19 kilometer timur Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa.

Selain itu, gempa juga menggetarkan Halmahera Barat, Maluku Utara. Lindu kedua ini terjadi pada pukul 11:35:35 WIB.

Berikut dua gempa yang terjadi di Indonesia dihimpun Liputan6.com:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mamasa

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Mamasa, Sulawesi Barat. Lindu ini terjadi pada pukul 04:20:24 WIB.

Pusat gempa berada di darat 19 kilometer timur Kecamatan Tabulahan, Kabupaten Mamasa. Gempa ini berkekuatan magnitudo 2,9 dengan kedalaman 10 kilometer.

Titik lindu berada pada garis 2.7 Lintang Selatan-119.39 Bujur Timur.

3 dari 3 halaman

Halmahera Barat

Tak hanya di Mamasa, gempa juga menggetarkan wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara. Lindu ini terjadi pada pukul 11:35:35 WIB.

Lokasi gempa berada pada titik 2.01 Lintang Utara-126.45 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 146 kilometer0 barat laut Halmahera Barat.

Gempa yang terjadi ini bermagnitudo 4,8 dengan kedalaman 10 kilometer.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi