Sukses

BMKG: Gempa Hari Ini 3 Kali Goyang Indonesia

Tak hanya Labuha, wilayah Luwu Timur, Sulawesi Selatan juga turut digoyang gempa.

Liputan6.com, Jakarta - Wilayah Indonesia kembali digoyang gempa hari ini, Rabu (6/11/2019). Hingga pukul 19.00 WIB, setidaknya ada tiga lindu yang menggetarkan Nusantara.

Informasi mengenai gempa ini dikutip Liputan6.com dari laman resmi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) di www.bmkg.go.id.

Gempa pertama pada hari ini membuat wilayah Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara bergetar. Kekuatan lindu ini magnitudo 3,4.

Tak hanya Labuha, wilayah Luwu Timur, Sulawesi Selatan juga turut digoyang gempa. Lindu yang terjadi ini berkekuatan magnitudo 3,6.

Berikut gempa yang terjadi dan menggoyang Indonesia hari ini:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Labuha

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada pukul 10:48:50 WIB.

Gempa ini berpusat di laut 57 kilometer barat Labuha. Titik lindu berada pada garis 0.74 Lintang Selatan-127 Bujur Timur.

Gempa ini berkekuatan magnitudo 3,4 dengan kedalaman 10 kilometer.

 

3 dari 4 halaman

Obi

Tak hanya itu, gempa juga terjadi di wilayah Obi, Kabupaten Halmahera Selatan, Maluku Utara pada pukul 15:02:04 WIB. Lindu ini bermagnitudo 2,6 dengan kedalaman 10 kilometer.

Gempa ini terjadi pada garis 1.19 Lintang Selatan-127.68 Bujur Timur. Pusat gempa berada di laut 17 kilometer utara Obi.

 

4 dari 4 halaman

Luwu Timur

Terakhir, gempa menggetarkan Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan. Lindu yang terjadi pada pukul 18:05:49 WIB ini berkekuatan magnitudo 3,6 dengan kedalaman 5 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 13 kilometer tenggara Kabupaten Luwu Timur. Lokasi gempa berada pada titik 2.36 Lintang Selatan-120.97 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Bumi