Sukses

Hasto: Kader PDIP Jangan Hanya Kuasai Politik, tapi Juga Ekonomi dan Iptek

Hasto mengingatkan, sebagai pemenang pemilu PDIP memiliki tanggung jawab terhadap masa depan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan, kader partai harus memperluas ruang geraknya, bukan hanya bidang politik, tapi juga bidang lain seperti ekonomi, mencetak para usahawan dan yang terpenting penguasaan ilmu pengetahuan (iptek).

"Peningkatan sumber daya manusia menjadi perhatian PDIP sehingga PDIP ingin mengubah orientasi kepartaian dengan menekankan pentingnya menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi," kata Hasto saat rapat di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (5/11/2019).

Dia mengingatkan, sebagai pemenang pemilu PDIP memiliki tanggung jawab terhadap masa depan bangsa.

"Ibu Megawati berpesan agar kepala daerah PDIP di Kalimantan Selatan menjadi pelopor politik hijau dengan mencintai tanaman. Kalsel dikarunia alam yang luar biasa. Kepala daerah wajib membangun kebun raya jangan hanya mengurusi tambang saja. Mari jaga kekayaan alam dengan politik penghijauan," ungkap Hasto.

Menurut dia, harapan PDIP kepada kepala daerah agar bertugas membuat sejarah di daerahnya masing-masing. Dirinya pun juga mempromosikan ekonomi gotong royong dalam praktek, seperti budi daya ulat jerman untuk produksi minyak goreng guna mengurangi penebangan sawit dan tetap menjaga kelestarian hutan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tembus Ruang dan Waktu

Selain itu, politisi asal Yogyakarta itu juga menyampaikan pentingnya politik yang menembus ruang dan waktu. Maksudnya, partai harus merubah dirinya ke dalam budaya politik yang kreatif, maju, modern tanpa harus meninggalkan jati dirinya sebagai bangsa. Untuk itu, PDIP telah menampilkan dirinya sebagai partai pelopor.

"Dengan demikian berpolitik itu membuat legacy. Legacy itu bukan hanya mencari kemenangan, menang pemilu berturut-turut, tapi bagaimana berpartai itu hadir bersama rakyat, hadir di tengah rakyat dengan legacy tersebut, itu tugas kita selanjutnya," tutur dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.