Sukses

Langkah Pertama dan Gebrakan Menteri Baru Kabinet Indonesia Maju Jokowi

Nadiem Makarim menjadi salah satu menteri baru Jokowi. Dia juga menjadi menteri termuda di jajaran Kabinet Indonesia Maju.

Liputan6.com, Jakarta - Wajah Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim memperlihatkan keyakinan. Senyum selalu mengembang lebar, tatapan matanya menunjukkan rasa optimistis ke depan.

Di hadapan Nadiem, sejumlah birokrat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sedang menunggu arahan. Mereka mencoba membaca cara anak muda yang menjadi menteri baru itu untuk membangun negara.

Berkemeja putih lengan panjang, Nadiem mengumpulkan para pejabat kementerian di hari kedua sebagai menteri pada Kamis sore, 24 Oktober 2019.

Menteri berusia 35 tahun itu meminta para pejabat eselon 1 memaparkan fungsi kerja masing-masing. Tiap orang diberi waktu 15 menit memaparkan.

Tidak terlihat rona lelah di wajah Nadiem. Padahal beberapa jam sebelumnya baru selesai menggelar rapat kabinet perdana bersama seluruh menteri dan Presiden Joko Widodo di Istana Negara. Dirinya ingin memanfaatkan waktu di awal masa jabatan ini mengenal lebih dalam kementerian yang dipimpinnya.

"Saya murid yang cukup baik, dan saya belajar cepat," ujar Nadiem dalam pertemuan dengan para pejabat kementerian.

Nadiem memang sengaja menggunakan kata murid karena dia merasa bukan guru. Ia merasa perlu belajar dari nol untuk dapat memahami beragam persoalan. Apalagi dirinya memimpin institusi negara yang bertugas mencerdaskan kehidupan bangsa.

Sikap yang ditunjukkan Nadiem di awal kepemimpinan bukan berarti tidak memiliki persiapan. Bekas CEO Gojek itu mengaku hanya perlu waktu.

"Tapi selama ini saya sudah mempersiapkan diri," kata Nadiem.

Ada alasan khusus Presiden Jokowi memercayakan dunia pendidikan Indonesia ke tangan anak muda ini. Sebagai kepala negara, Jokowi percaya kemampuan di bidang teknologi yang dimiliki Nadiem dapat mempermudah beragam hal yang tak mungkin menjadi mungkin. Sehingga bisa mewujudkan visi misi presiden di bidang pendidikan.

"Itu kenapa dipilih Nadiem Makarim," kata dia.

Di samping itu, Jokowi mengaku Nadiem telah bercerita banyak tentang apa saja yang akan dikerjakan untuk mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Karenanya, Nadiem pun dipercaya menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Erick Thohir

Sosok Nadiem bukan satu-satunya menteri yang ditunjuk Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dalam Kabinet Indonesia Maju. Banyak nama baru berlatar belakang profesional maupun politisi yang belum tersentuh birokrasi kementerian.

Ada perbedaan cukup signifikan dalam mengelola pekerjaan. Bila di perusahaan, mereka mungkin dengan mudah memberi perintah dan menabrak aturan dengan posisi sebagai bos. Sedangkan di kementerian, tentu ada segudang aturan harus ditaati karena status mereka merupakan pejabat publik.

Itulah yang dirasakan Erick Thohir. Ia kini menjabat sebagai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Erick memastikan dirinya menjadi sosok terbuka pada semua masukan dari anak buah. Target dirinya melakukan perbaikan kualitas serta manajemen di lingkungan kementerian.

Sebagai komitmen sikap terbuka, Erick menyebarkan nomor ponsel kepada segenap jajaran agar komunikasi berjalan lancar.

"Saya tidak sempurna, saya sangat terbuka," ucap Erick.

Bos Mahaka itu juga meminta seluruh jajarannya jangan ragu memberikan protes. Selanjutnya juga harus memberikan masukan untuk menemukan jalan keluar. "Tapi kalau hanya komplain terus, malas dengarnya," kata dia.

Di depan para jajaran pejabat kementerian BUMN, Erick Thohir cukup mampu beradaptasi. Dia berhasil melontarkan canda yang mengundang tawa.

Menurut dia, ada satu hal yang tidak boleh dilakukan sebagai menteri BUMN, yakni menggunakan anggaran untuk membeli klub sepak bola.

Memang sebelum memulai karier politik, Erick Thohir dulunya dikenal sebagai pengusaha yang menginventasikan uangnya di klub olahraga Inter Milan. Erick resmi menjadi salah satu pemilik Inter Milan setelah membeli saham 70 persen milik Massimo Moratti.

"Saya enggak boleh beli klub bola pakai uang BUMN. Jadi yang lain boleh. Kalau saya lupa tolong diingatkan Pak Sekjen," celetuk Erick usai melakukan serah terima jabatan pada Rabu, 23 Oktober 2019.

 

3 dari 3 halaman

Bikin Gebrakan

Para menteri di Kabinet Indonesia Maju sudah sepekan ini mulai menunjukkan beragam gebrakan. Sikap ini sekaligus tanda ke mana mereka diperintah Presiden Jokowi demi terwujudnya visi misi.

Seperti dilakukan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto yang berjanji memberikan gaji pertama dan tunjangan kinerjanya kepada BPJS Kesehatan. Ini merupakan upaya dirinya memulai gerakan moral untuk membantu defisit Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Mantan kepala RSPAD Gatot Subroto ini mengungkapkan, banyak masyarakat yang sedang memiliki masalah dan menderita karena persoalan yang menimpa BPJS Kesehatan. Terawan merasa tergerak hati untuk berkontribusi membantu.

"Gaji pertama itu buat seseorang, adalah gaji yang seharusnya diserahkan kepada Yang Kuasa," kata Terawan di Kantor Pusat BPJS Kesehatan Jakarta.

Gebrakan juga dilakukan Menteri Agama Fachrul Razi. Walau berbau kontroversial, dia mewacanakan melarang wanita menggunakan niqab atau cadar bila masuk instansi pemerintah.

Mantan Wakil Panglima TNI itu menyebut pemakaian cadar atau tidak bukan menjadi tolak ukur ketakwaan seseorang. Bahkan menurut dia, tidak ada ayat yang mewajibkan penggunaan cadar.

Fachrul Razi mengungkapkan, wacana mempertimbangkan melarang penggunaan cadar karena faktor keamanan. Dia mencontohkan bagi orang yang masuk lingkup instansi pemerintahan diwajibkan melepas jaket dan helm.

Begitu pula apabila diberlakukan bagi orang memakai cadar. Menurut dia, agar wajah mereka dapat terlihat jelas.

"Jadi betul dari sisi keamanan, kalau ada orang bertamu ke saya enggak tunjukin muka, ya enggak mau saya," kata dia menegaskan.

 

Reporter : Angga Yudha Pratomo

Sumber : Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.