Sukses

Deretan Mantan Menteri yang Diprediksi Kembali Masuk Kabinet Jokowi

Presiden Jokowi telah selesai memanggil nama-nama calon menteri kabinet jilid 2. Mereka ada yang berwajah baru dan tak sedikit pula yang mantan menteri.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah selesai memanggil nama-nama calon menteri kabinet jilid 2. Mereka ada yang berwajah baru dan tak sedikit pula yang mantan menteri.

Dari catatan Liputan6.com, Rabu (23/10/2019), calon menteri Jokowi yang telah hadir di Istana adalah Airlangga Hartarto, Luhut B Pandjaitan, Tjahjo Kumolo,Pratikno, Retno LP Marsudi.

Selain itu, Yasonna Laoly, Sri Mulyani, Agus Gumiwang Kartasasmita, Siti Nurbaya Bakar, Budi Karya Sumadi, Basuki Hadimuljono, Bambang Bojonegoro, Pramono Anung, Moeldoko dan Muhadjir Effendi.

Para calon menteri tersebut ada yang tetap berada di pos sebelumnya, dan ada pula yang bergeser ke kementerian lain.

Pelantikan menteri Kabinet Kerja Jilid II pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin akan dilaksaakan di Istana Negara Jakarta, hari ini, Rabu (23/10/2019).

"Pelantikan jam 10.00 WIB," kata Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono saat dihubungi, Selasa (22/10/2019).

Namun, berdasar undangan pelantikan yang beredar, acara baru dimulai pukul 10.30 WIB.

Berikut menteri-menteri lama yang kembali masuk Kabinet Kerja Jokowi Jilid II:

1. Airlangga Hartarto

2. Luhut B Pandjaitan

3. Tjahjo Kumolo

4. Pratikno

5. Retno LP Marsudi

6. Yasonna Laoly

7. Sri Mulyani

8. Agus Gumiwang Kartasasmita

9. Siti Nurbaya Bakar

10. Budi Karya Sumadi

11. Basuki Hadimuljono

12. Bambang Bojonegoro

13. Pramono Anung

14. Moeldoko

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Umumkan Kabinet

Sebelum dilantik, Jokowi terlebih dahulu mengumumkan nama-nama menteri yang akan membantunya lima tahun ke depan. "Besok perkenalan jam 8," ucapnya.

Heru menjelaskan, Istana telah menyiapkan 34 kemeja putih bagi para menteri. Baju tersebut akan digunakan saat dilantik sebagai menteri Kabinet Kerja Jilid II.

"Betul (34), akan dipakai oleh calon menteri,” kata dia.

Dalam undangan yang dikeluarkan Kementerian Sekretariat Negara, tertulis para pejabat yang dilantik wajib datang ke Istana pukul 07.00 WIB dengan menggunakan batik lengan panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.