Sukses

Relawan Jokowi Setengah Hati Terima Prabowo Masuk Koalisi

Liputan6.com, Jakarta - Wacana masuknya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto ke dalam kabinet Jokowi- Ma'ruf Amin ditanggapi secara dinamis oleh para relawan pendukung Jokowi.

Ketua Umum Arus Bawah Jokowi (ABJ), Michael Umbas, bercerita Jokowi telah memanggil para pimpinan kelompok relawan tadi malam.

"Beliau menyampaikan dengan bahasa halus, kemungkinan Gerindra akan masuk," kata Umbas, usai syukuran pelantikan Jokowi-Ma'ruf, di Menteng, Senin (21/10/2019).

Kata dia, di pertemuan itu tak Jokowi tak memiliki banyak waktu untuk berdialog. Namun, relawan kaget ketika mendengar Jokowi mengatakan Gerindra akan bergabung ke koalisi.

"Karena secara psikologis para relawan masih terbawa kerasnya persaingan di pilpres. Agak sulit menerima lawan yang membabi buta di pilpres, kemudian masuk dalam koalisi. Itu yang teman-teman agak sulit menerima," kata dia.

Hal kedua, para relawan melihat bahwa belum ada kepastian soal manfaat politik yang akan diterima Jokowi bila mengajak Gerindra masuk ke koalisi.

"Karena kita juga ingin memastikan Pak Jokowi dalam pemerintahan ke depan tidak terjadi hal-hal dimana ada yang memanfaatkan kekuasaan untuk membajak gitu," kata Umbas.

 

2 dari 3 halaman

Tak Beri Ancaman

Walau demikian, relawan meyakini bahwa Jokowi sudah mempertimbangkan semuanya.

Namun, relawan juga ingin kepastian bahwa masuknya Gerindra takkan memberi ancaman dalam pemerintahan Jokowi-Ma'ruf dalam lima tahun mendatang. Sebab relawan melihat gelagat Prabowo yang ingin masuk ke kabinet dengan syarat posisi menteri tertentu.

"Soalnya kan kalau dia (Prabowo) bergabung kemudian mengajukan posisi menteri tersendiri, kan menimbulkan tanda tanya," ujarnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan berikut ini:

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    Prabowo
Loading
Artikel Selanjutnya
Tiba di Lampung, Jokowi Cek Pelayanan BPJS di RSUD Abdul Moeloek
Artikel Selanjutnya
Kala Menhan Malaysia Puji Prabowo Jadi Menteri Jokowi