Sukses

3 Kali Gempa Goyang Provinsi Maluku Hari Ini

Dua gempa terjadi di Kota Ambon, satu lainnya getarkan kecamatan Kairatu, sebuah kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa kembali menggoyang wilayah Indonesia hari ini, Sabtu (20/9/2019). Hingga pukul 20.30 WIB, lindu membuat Provinsi Maluku bergetar hingga 3 kali. 

Info Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut ada dua wilayah di Provinsi Maluku yang digoyang gempa. Dua lindu terjadi di Kota Ambon, satu lainnya getarkan kecamatan Kairatu, sebuah kecamatan di Kabupaten Seram Bagian Barat.

Lewat laman resminya, BMKG juga belum melaporkan adanya potensi tsunami maupun kerusakan bangunan akibat terdampak gempa.

Sedangkan kedalaman gempa yang terjadi di kedua daerah berada pada kedalaman 10 kilometer.

Berikut deretan gempa yang getarkan sejumlah wilayah Indonesia hari ini:

  

* Dapatkan pulsa gratis senilai Rp10 juta dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gempa Ambon

Gempa dengan kekuatan magnitudo 4 menggoyang Kota Ambon, pada Sabtu dini hari tadi, sekitar pukul 02:44:24 WIB.

Dalam laman resminya BMKG melaporkan, pusat lindu terjadi di darat atau sekitar 13 km timur laut Ambon. 

Sementara, lokasi gempa terletak pada koordinat 3,6 Lintang Selatan (LS) dan 128,21 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer.

Siang harinya, gempa kembali terjadi di kota ini. Ambon digoyang lindu dengan kekuatan magnitudo 2,3, pada pukul 13:02:38 WIB.

Pusat lindu juga terjadi di darat atau sekitar 21 km timur laut Ambon. Kedalaman 10 kilometer.

Sedangkan titik koordinat gempa terletak pada 3,59 LS dan 128,31 BT.

3 dari 3 halaman

Gempa Kairatu

Gempa di Kecamatan Kairatu terjad pada pukul 12:32:59 WIB. Kekuatan gempa bermagnitudo 3,5.

Berdasarkan laporan BMKG, lindu berpusat di laut atau sekitar 25 km selatan Kairatu Seram Bagian Barat.

Sementara, titik koordinat gempa terletak pada 3,56 LS dan 128,4 BT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa Ambon