Sukses

PDIP Berharap Jokowi Tak Banyak Ubah Nomenklatur Kabinet

PDIP menegaskan, penyusunan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin ke depan, harus bisa menjawab berbagai tantangan eksternal seperti ancaman resesi global.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan, penyusunan kabinet Jokowi-Ma’ruf Amin ke depan, harus bisa menjawab berbagai tantangan eksternal seperti ancaman resesi global. Sehingga diperlukan konsolidasi nasional dengan bekal dukungan 60,7 persen kursi di DPR.

"Tantangan eksternal dan pentingnya konsolidasi nasional disikapi dengan struktur dan nomenklatur kabinet yang sebaiknya tidak mengalami banyak perubahan. Dengan demikian kabinet Presiden Jokowi langsung bekerja cepat dengan skala prioritas sesuai garis kebijakan Presiden," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, dalam keterangannya, Kamis (17/10/2019).

Partai pimpinan Megawati Soekarnoputri itu menaruh perhatian besar terhadap Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang dianggap menjadi tulang punggung peningkatan kualitas SDM sesuai skala prioritas kebijakan Presiden Jokowi.

"Memajukan kesejahsetraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa hanya bisa terjadi apabila pengembangan SDM Indonesia menitik beratkan pada penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dilandasi oleh semangat bangsa pelopor dan bangga dengan kemampuan bangsanya sendiri. Tidak ada bangsa besar tanpa nasionalisme yang tinggi," tutur Hasto.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Badan Riset Nasional

Pihaknya menyarankan, agar perlu adanya Badan Riset Nasional. Sehingga mampu mengembangkan SDM nantinya.

"Pengembangan SDM harus meningkatkan kemampuan penguasaan ilmu dasar, seperti matematika, fisika, kimia, dan biologi. Sedangkan pengembangan ilmu teknik sangat penting guna meningkatkan produktivitas nasional, khususnya yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak seperti pertanian dan kelautan," tutur Hasto.

Dia pun menyiratkan bahwa struktur dan nomenklatur kabinet ke depan tidak banyak berubah.

"Dengan struktur dan nomenklatur kabinet yang tidak banyak berubah, dipastikan akan memercepat konsolidasi pemerintahan Presiden Jokowi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PDIP