Sukses

Istana: Pengumuman Kabinet Bisa Dilakukan Setelah Jokowi Dilantik

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko membuka kemungkinan Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengumumkan kabinetnya usai dilantik sebagai presiden periode kedua pada 20 Oktober mendatang. Dia mengatakan, pengumuman kabinet ini bisa dilakukan di Istana ataupun di luar.

"Bisa. Setelah itu bisa. Bisa juga diumumkan di Istana, bisa juga diumumkan di luar Istana," ujar Moeldoko di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis (10/10/2019).

Menurut dia, seperti yang disampaikan Jokowi bahwa kabinet periode berikutnya telah rampung disusun. Terkait susunan kabinet Jokowi periode kedua, mantan Panglima TNI itu enggan bicara banyak.

"Ya kan komentar Pak Jokowi selalu menyampaikan sudah beres," kata dia.

Seperti diketahui, Jokowi dan Wapres terpilih akan dilantik sebagai presiden dan wapres periode 2019-2024. Moeldoko juga menyebut akan ada aksi para budayawan yang mengelar parade saat pelantikan nantinya.

"Intinya syukuran tapi juga ada kontribusi dari berbagai budayawan dari berbagai kelompok seni ingin meramaikan dalam bentuk parade budayalah begitu. Ya disilakan saja," jelas dia.

Dia menuturkan, perayaan pascapelantikan ini dibuat lebih sederhana, khususnya dengan bentuk acara syukuran dan doa bersama. Acara akan difokuskan di Patung Kuda dan Bundaran Hotel Indonesia.

"Intinya nanti kira-kira dari Patung Kuda lah nanti atau dari Bundaran HI nanti karena ini suasananya kita semuanya ikut juga memikirkan suasana di Ambon, intinya syukuran," tutur Moeldoko.

 

2 dari 3 halaman

Sudah Punya Calon Menteri

Sebelumnya, Presiden Jokowi sudah membocorkan sedikit petunjuk terkait calon menteri yang akan membantu pemerintahannya di periode kedua. Hal itu disampaikan saat bertemu pemimpin redaksi media massa di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Terkait nama calon menteri, kata Jokowi, semua ketua umum partai politik pengusungnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 sudah diberitahu. Namun, Jokowi tidak merinci apakah pengumuman tersebut akan dilaksanakan sebelum atau sesudah pelantikan.

Mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut juga mengatakan tidak perlu menunggu Oktober untuk mengumumkan hal tersebut. Dia menjelaskan bisa jadi pengumuman bisa jadi sebeleum pelantikan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pesan Saut ke Jokowi: Main dan Ngobrol Sama Penyidik KPK Pak...
Artikel Selanjutnya
ICW Nilai Jokowi Salah Ucap Sebut Koruptor Bisa Dihukum Mati