Sukses

Tjahjo Kumolo Sebut Tak Pernah ke Luar Negeri Selama Menjabat Menteri

Tjahjo Kumolo mengaku takut masalah justru tiba-tiba terjadi ketika dia sedang meninggalkan Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku, merupakan satu-satunya menteri yang selama hampir lima tahun menjabat tak pernah berkunjung ke luar negeri.

Hal ini disampaikannya dalam Konsolidasi Nasional 2019 bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU), di Jakarta Convention Center (JCC), Senayan, Jakarta, Senin (23/9/2019). Awalnya, dia memuji kinerja KPU pusat sebagai penanggung jawab pelaksanaan Pemilu.

"Bersama saya Kemendagri juga sama, hampir tiga tahun urusan Undang-undang rapat dengan DPR sampai Peraturan KPU pun juga dibahas dengan DPR," ungkap Tjahjo Kumolo di lokasi.

Setelah itu, dia menyebut tidak pernah berkunjung ke luar negeri selama lima tahun menjabat menteri. Tjahjo mengaku takut masalah justru tiba-tiba terjadi ketika dia sedang meninggalkan Indonesia.

"Jadi Pak Arief (Ketua KPU Arief Budiman, ), saya mungkin satu-satunya menteri yang sampai lima tahun besok mau selesai ini tidak pernah berkunjung ke luar negeri," ujarnya.

"Meninggalkan satu hari pun takut kalau ada masalah-masalah yang ada," lanjut Tjahjo Kumolo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dinamika Pemilu 2019

Tjahjo menambahkan, Pemilu 2019 serentak lalu yang meliputi Pemilu Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) memang dipenuhi dengan berbagai dinamika.

Ketua KPU Arief Budiman bahkan sampai menerima ancaman dan dilaporkan ke polisi. Meski begitu, Tjahjo menilai penyelenggaraan Pemilu 2019 telah berlangsung baik secara keseluruhan.

"Kami menjamin, pemerintah menjamin, bahwa PKPU itu disusun tidak ada satu kalimat pun yang menyimpang dari UU yang ada," dia mengakhiri.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.