Sukses

Saat Warga Antre Berfoto dan Berdoa di Makam BJ Habibie

Makam BJ Habibie menempati kavling 120. Ainun yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya.

Liputan6.com, Jakarta - Jenazah Presiden ke-3 RI Bacharuddin Jusuf Habibie atau BJ Habibie telah dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9/2019).

Setelah keluarga serta para tamu undangan meninggalkan lokasi, sejumlah warga pun mulai memadati pusara almarhum BJ Habibie.

Berdasarkan pantauan, warga mulai berdatangan ke makam Habibie sekitar pukul 16.00 WIB. Mereka beramai-ramai antre memanjatkan doa untuk Habibie.

Tak hanya berdoa, warga yang mengantre juga berselfie di pusara Habibie dengan meminta penjaga untuk mengabadikan fotonya.

Beberapa warga yang berfoto juga tampak memegang pesawat kertas di atas pusara suami dari almarhumah Ainun Habibie, sang istri tercinta. 

Salah seorang petugas sempat meminta agar para warga tidak memasuki batas garis yang telah ditetapkan. Namun, warga yang antuasis tetap tak mengindahkan larangan tersebut hingga melewati garis merah untuk berfoto. 

"Jangan sampai masuk ya bu," teriak petugas makam.

Makam BJ Habibie menempati kavling 120. Sang istri yang lebih dulu wafat berada di kavling 121, atau tepat di sebelah kanannya. Sementara, Ani Yudhoyono berada di kavling 129 tepat berada di depan makam BJ Habibie.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Posisi Makam BJ Habibie

Di sebelah makam Ani Yudhoyono terdapat makam mantan Menteri Negara Perencanaan Pembangunan Nasional, Widjojo Nitisastro. 

Sedangkan tepat di belakang makam BJ Habibie terdapat makam Wakil Presiden ke-4 H Umar Wirahadikusumah dan Pahlawan Nasional Abdul Haris Nasution (AH Nasution).

Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie meninggal dunia Rabu malam, 11 September 2019. Dia mengembuskan nafas terakhirnya sekitar pukul 18.05 WIB usai menjalani perawatan intensif di RSPAD, Jakarta. 

BJ Habibie meninggal dunia dalam usia 83 tahun dan wafat karena gagal jantung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.