Sukses

Pemerintah Berupaya Menyelamatkan PT QSAR

Liputan6.com, Jakarta: Pemerintah tengah meyiapkan jurus untuk menentukan mekanisme penyelamatan PT Qurnia Subur Alam Raya (QSAD). Langkah yang kini tengah ditempuh pemerintah adalah mendata jumlah investor dan kerugian yang diderita perusahaan agribisnis itu. Demikian diutarakan Menteri Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Alimarwan Hanan di Jakarta, Jumat (30/8).

Alimarwan mengatakan, bila memang masih memiliki nilai ekonomis, pemerintah akan mengambil alih dan meneruskan proses produksi PT QSAR. Sedangkan kepada para investor, Alimarwan meminta bersabar. Yang jelas, kata Alimarwan, pemerintah tetap memperhatikan kasus ini [baca: Pemerintah Akan Mengkaji PT QSAR].

Kendati PT QSAR tengah diterpa badai, namun kehadiran perusahaan itu dianggap memberi keuntungan buat warga sekitar. Paling tidak, perusahaan yang terletak di beberapa kecamatan, termasuk Kecamatan Cisaat, Sukabumi, Jawa Barat, ini banyak menyerap tenaga kerja. "Sebanyak 80 warga Gunung Jaya bekerja di perusahaan itu," kata Lurah Gunung Jaya, Kecamatan Cisaat, Edi Sutisna.

Selain itu, menurut Edi, perusahaan yang lahannya juga terhampar di Kelurahan Kayu Dampit dan Cibolang itu, secara berkala menyumbang untuk anak yatim piatu. Bahkan, di dua kecamatan tersebut PT QSAR membangun gedung perkantoran dan politeknik pertanian.(ICH/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.