Sukses

Jokowi Makan Siang Bersama Pemenang Gapura Cinta Asal Papua

Dalam pertemuan tersebut Jokowi mengenakan baju putih. Sementara para pemenang menggenakan topi adat Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak para pemenang lomba festival Gapura Cinta Negeri makan siang di Istana Merdeka Jalarya, Selasa (3/9/2019). Kali ini, yang diundang Jokowi santap siang adalah pemenang asal Kabupaten Kepulauan Yapen dan Nduga, Papua.

Mereka yang ikut makan siang dengan Jokowi antara lain, Otniel Matias Kayani, Royland Worembay, dan Amos Ayum dari Kabupaten Kepulauan Yapen. Kemudian Tekius Heluka, Giyanus Kumungga, Agung Rezki, Oktavianus Tara Putra dari Kabupaten Nduga.

Warga Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi pemenang lomba gapura kategori umum, sementara Kabupaten Nduga mendapat penghargaan khusus. Jokowi dan para pemenang kompak mengenakan kemeja warna putih.

Berdasarkan pantauan, mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerima para pemenang sekitar pukul 13.28 WIB. Jokowi bersama warga Kabupaten Kepulauan Yapen dan Nduga itu pun makan di satu meja yang sama.

Mantan Wali Kota Solo itu mempersilahkan para pemenang asal Papua untun mencicipi hidangan yang telah tersedia. Selanjutnya, aktivitas itu berlangsung secara tertutup.

Sebelumnya, Jokowi telah bertemu pemenang lomba Festival Gapura Cinta Negeri di Istana Negara Jakarta, Senin kemarin. Jokowi menyebut, festival itu merupakan wujud apresiasi pemerintah kepada masyarakat karena telah merayakan hari Kemerdekaan ke-74 RI.

"Saya kira ini adalah sebuah kecintaan kita semuanya untuk kampung kita, untuk negara kita yang diwujudkan lewat bangunan gapura. Yang saya lihat semuanya tidak ada yang jelek. Semuanya bagus semuanya," ucap Jokowi, Senin 2 September 2019.

Untuk diketahui, sebanyak 1.793 peserta tercatat mengikuti festival ini dengan mendaftar melalui website gapuracintanegeri.com. Desain gapura dinilai bagus dan unik lantaran mengandung unsur kearifan lokal di dalamnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Papua