Sukses

2 Kegiatan yang Dilakukan Jokowi saat Kunjungan Kerja ke Jateng

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah. Sang istri, Iriana juga nampak mendampingi.

Saat tiba, Jokowi bersama Iriana terlebih dahulu meninjau Bandara Internasional Yogyakarta di Kabupaten Kulon Progo serta membagikan sertifikat hak atas tanah di GOR WR Supratman Purworejo.

Turut mendampingi rombongan bersama Jokowi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pariwisata Arief Yahya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Usai melakukan peninjauan, Jokowi menonton pagelaran Wayang Kulit bersama masyarakat di Alun-alun Purworejo.

Berikut kegiatan-kegiatan yang dilakukan Jokowi saat melakukan kunjungan kerja ke Jawa Tengah dihimpun Liputan6.com:

 

2 dari 4 halaman

Nonton Pagelaran Wayang

Presiden Jokowi dan Ibu Negara Iriana menonton pagelaran Wayang Kulit bersama masyarakat di Alun-alun Purworejo, Jawa Tengah, pada Kamis 29 Agustus 2019 malam. Sebelum pentas dimulai, Jokowi memberikan tokoh wayang Gatotkaca kepada dalang secara simbolis.

Dalang wayang kulit adalah seorang perempuan Purworejo bernama Nyi Dwi Puspita Ningrum dari Sanggar Puspita Laras. Dia membawakan lakon Gatotkaca Winisuda.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu terlihat serius menyaksikan pergelaran wayang kulit. Tak hanya menonton wayang kulit, Jokowi dan Iriana juga dihibur dengan sejumlah pengisi acara salah satunya, pelawak kirun dan penyanyi Didi Kempot.

Jokowi tampak tertawa saat mendengar lelucon yang dilontarkan oleh Kirun. Para warga juga ikut terhubur dan tertawa saat melihat aksi Kirun dan Didi Kempot saat membuat lawakan dalam satu panggung.

Warga terlihat melihat Jokowi dan Iriana menonton pertunjukan wayang kulit. Sebelum acara dimulai, mantan Walikota Solo itu sempat meladeni para warga yang ingin bersalaman dan berswafoto dengannya.

 

3 dari 4 halaman

Bersepeda Keliling Borobudur

Presiden Joko Widodo atau Jokowi ditemani Ibu Negara Iriana mengunjungi kawasan Candi Borobudur Kabupaten Magelang, Yogyakarta, Jumat, 30 Agustus 2019. Berbeda dari biasanya, Jokowi dan Iriana mengunjungi Candi Borobudur sambil bersepeda.

Berdasarkan pantauan, Jokowi dan Iriana mengendarai sepeda yang berbeda dari Manohara Resort menuju Candi Borobudur. Keduanya tiba di lokasi salah satu keajaiban dunia itu sekitar pukul 07.35 WIB.

Sepanjang perjalanan menuju Candi Borobudur, warga tampak antusias menunggu kedatangan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Mereka berjejer rapi di pinggir jalan.

"Pak Jokowi, Pak Jokowi...," ucap para warga.

Dibelakang Jokowi tampak sejumlah menteri kabinet kerja. Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pramono.

Kedatangan Jokowi ke Candi Borobudur ini guna meninjau salah satu lokasi 'Bali Baru'. Jokowi dan Iriana juga berkeliling di sekitar Candi Borobudur. Dia sempat berbincang dengan jajaran menteri terkait rencana pengembangan pariwisata di lokasi tersebut.

Setelah mengunjungi Candi Borobudur, Jokowi akan memimpin di Plataran Borobudur Resort and Spa. Adapun topik yang dibahas adalah mengenai percepatan pengembangan destinasi Borobudur.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014
    Jokowi
  • Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Daerah Istimewa Yogyakarta adalah daerah istimewa di Indonesia yang memiliki tingkatan yang sama dengan provinsi.
    Yogyakarta
  • Candi Borobudur ialah sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah
    Candi Borobudur ialah sebuah candi Buddha yang terletak di Magelang, Jawa Tengah
    Candi Borobudur