Sukses

Mendagri Minta Warga Papua Sampaikan Aspirasi tanpa Anarkis

Tjahjo mengimbau agar kejadian mengibarkan bendera Bintang Kejora di Jakarta dan Papua tidak terjadi kembali.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terus memantau aktivitas pemerintah daerah terkait insiden yang terjadi di Papua dan Papua Barat.

Dia mempersilakan masyarakat Papua untuk memberikan aspirasi asalkan tidak melakukan tindakan yang anarkis.  

"Gubernur, Bupati, Wali kota juga, tim otda (otonomi daerah) kami terus memonitor Pemda setempat," kata Tjahjo di Kantor Wapres, Jalan Merdeka Utara, Kamis (29/8/2019). 

Tjahjo mengimbau agar kejadian mengibarkan bendera Bintang Kejora di Jakarta dan Papua tidak terjadi kembali. Tjahjo meminta agar masyarakat memberikan saran langsung ke pemerintah daerah. 

"Soal aspirasi silakan aja, toh juga aspirasi di kantor Kemendagri juga ada. Ya, kita dengarkanlah. Jangan terus hal-hal yang bicara yang lain yang menyimpang dari pokok masalah," ungkap Tjahjo. 

Sebelumnya aksi menolak rasialisme di Papua, meluas hingga Kabupaten Deiyai, Papua, Rabu, 28 Agustus 2019.

Namun, aksi tersebut berujung ricuh hingga mengakibatkan korban satu anggota TNI gugur dan dua warga sipil meninggal dunia.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.