Sukses

Franz Magnis: Papua Tidak Akan Sama dengan Timor Timur

Franz Magis mengatakan, Papua bagian sah dari Indonesia. Papua, kata dia, tak bisa disamakan dengan Timor Timur atau Timor Leste.

Liputan6.com, Jakarta - Rohaniwan Franz Magnis Suseno menegaskan, Papua tidak akan sama dengan Timor Timur yang merdeka pada 2002. Untuk itu, pria yang karib disapa Romo Magnis itu meminta agar Organisasi Papua Merdeka (OPM) menghentikan pendekatan bersenjata.

"OPM hentikan pendekatan bersenjata. Itu tidak punya masa depan. Itu hanya menambah kematian, yang akan rugi orang Papua sendiri," kata Romo Magnis yang hadir dalam acara Gerakan Suluh Kebangsaan untuk menyikapi masalah Papua, di Jakarta, Jumat (23/8/2019).

Dia mengatakan, Papua bagian sah dari Indonesia. Papua, kata dia, tak bisa disamakan dengan Timor Timur atau Timor Leste.

"Papua bagian sah dari Indonesia, jangan dikira akan sama dengan Timor Timur. Papua itu memang sudah sah Indonesia," ungkap Romo Magnis.

Romo Magnis pun berharap dilakukan dialog agar tak ada lagi kontak senjata di Papua.

"Kalau itu dilakukan, dibuka dengan suatu dialog yang sungguh-sungguh. Jadi pihak Papua dengan sini, mencari secara terbuka, banyak orang Papua yang mengerti dan akan bersedia," jelas Romo Magnis.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.