Sukses

Mendagri dan Mensos Sambangi KPK Bahas Bantuan Sosial

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyambangi Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kuningan, Jakarta Selatan. Dia bermaksud membahas pemanfaatan Nomor Induk Kependudukan (NIK) untuk perbaikan basis data pemberian bantuan sosial.

"Nomor Induk Kependudukan di mana yang mengelola adalah Kemendagri dan Dukcapil. Kemudian akan ada beberapa presentasi-presentasi menyangkut juga seberapa jauh berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga," tutur Tjahjo di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan Kamis (22/8/2019).

Menurut Tjahjo, keterlibatan KPK dalam pemanfaatan NIK untuk bantuan sosial tentu relevan. Pasalnya hal tersebut berkaitan dengan distribusi keuangan negara.

Senada dengan Tjahjo, Menteri Sosial Agus Gumiwang mengatakan, keterlibatan KPK tentunya sesuai dengan koordinasi supervisi dan pencegahan.

"Bantuan sosial kita sama-sama ingin program Bansos ini bisa berjalan dengan baik dan efektif. Inilah kira-kira yang kita akan sampaikan," ujar Agus.

 

2 dari 3 halaman

Rapat Lintas Kementerian

Sementara itu Juru Bicara KPK Febri Diansyah menambahkan, ini menjadi agenda rapat lintas kementerian bersama KPK.

"Ini merupakan bagian dari kerja pencegahan korupsi agar lebih dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, terutama penerima bantuan sosial nantinya," kata Febri.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: