Sukses

BMKG: 4 Wilayah Indonesia Diguncang Gempa Hari Ini

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat.

Liputan6.com, Jakarta - Gempa hari ini kembali mengguncang Indonesia. Hingga pukul 19.00 WIB, lindu terjadi di empat wilayah Nusantara.

Informasi mengenai gempa ini diperoleh dari laman resmi milik Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) www.bmkg.go.id, Senin (19/8/2019).

Gempa pertama pada hari ini terjadi di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Lindu tersebut terjadi pada pagi hari pukul 08.13 WIB.

Selain itu, gempa juga menggoyang wilayah Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara. Gempa ini berkekuatan magnitudo 5.

Berikut deretan gempa yang terjadi di Indonesia:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sukabumi

Gempa pertama kali mengguncang wilayah Sukabumi, Jawa Barat pada hari ini. Lindu yang terjadi itu berkekuatan magnitudo 3 dengan kedalaman 8 kilometer.

Pusat gempa berada di darat 24 kilometer barat laut Kabupaten Sukabumi. Gempa ini terjadi pada pukul 08.13 WIB.

Lokasi gempa berada pada 6.77 Lintang Selatan-106.53 Bujur Timur.

 

3 dari 5 halaman

Pangandaran

Gempa yang kedua pada hari ini terjadi di wilayah Pangandaran, Jawa Barat. Lindu mengguncang dengan kekuatan magnitudo 4,3 dan kedalaman 78 kilometer.

Gempa ini terjadi pada pukul 11.00 WIB. Lokasi gempa berada pada 8.09 Lintang Selatan-108.09 Bujur Timur.

Pusat gempa berada di laut 62 kilometer barat daya Kabupaten Pangandaran.

 

4 dari 5 halaman

Labuha

Selain itu, gempa juga mengguncang wilayah Labuha, Kabupaten Halmahera Selatan, Provinsi Maluku Utara pada pukul 12.53 WIB.

Pusat gempa berada di darat 86 kilometer timur Labuha dengan kekuatan magnitudo 5.

Lokasi gempa berada pada 0.78 Lintang Selatan-128.26 Bujur Timur.

 

5 dari 5 halaman

Enrekang

Gempa pun mendatangi wilayah Enrekang, Sulawesi Selatan pada pukul 14.07 WIB. Pusat gempa berada di darat 9 kilometer barat laut Enrekang.

Lindu yang terjadi ini berkekuatan magnitudo 4,4 dengan kedalaman 10 kilometer.

Lokasi gempa berada pada 3.51 Lintang Selatan-119.69 Bujur Timur.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.
    Gempa atau gempa bumi (earthquake) adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan.

    Gempa Hari Ini

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG