Sukses

4 Polah Menggemaskan Jan Ethes Saat HUT ke-74 RI di Istana

Tingkah Jan Ethes yang mengenakan baju adat dari Bali berwarna kuning ini juga menyita perhatian warganet

Liputan6.com, Jakarta - Tingkah cucu pertama Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Jan Ethes Srinarendra selalu menyita perhatian masyarakat. Tak terkecuali, saat peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu 17 Agustus 2019.

Sebelum upacara peringatan kemerdekaan RI dimulai, Jokowi mengajak putranya, Gibran Rakabuming Raka dan cucunya Jan Ethes untuk menyapa dan menyalami para tamu undangan.

Jan Ethes pun terlihat menyalami tamu dan melambaikan tangan ke arah tamu undangan.

Tingkah Jan Ethes yang mengenakan baju adat dari Bali berwarna kuning ini juga menyita perhatian warganet. Mereka mengaku gemas dengan polah Jan Ethes.

Berikut tingkah Jan Ethes saat peringatan HUT ke-74 RI di Istana yang mencuri perhatian:

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

1. Kenakan Baju Adat Bali

Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak sang cucu Jan Ethes Srinarendra untuk menyalami para tamu undangan yang hadir dalam Upacara Peringatan HUT ke-74 RI di Istana Merdeka Jakarta, Sabtu (17/8/2019). Jokowi menggandeng tangan Jan Ethes sembari menyapa para tamu.

Pantauan Liputan6.com, mantan Gubernur DKI Jakarta itu keluar bersama Jan Ethes dari Istana Merdeka pukul 09.10 WIB. Keduanya mengenakan baju adat. Jokowi mengaku memakai baju adat khas Bali.

"Dari Klungkung Bali," ucap Jokowi kepada wartawan.

Mantan Wali Kota Solo itu kemudian mengajak Jan Ethes untuk menyalami para tamu undangan. Ada pula putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Jan Ethes juga melambaikan tangan ke arah tamu undangan.

Sejumlah pejabat negara yang hadir di Istana Merdeka antara lain, Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menko PMK Puan Maharani, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, hingga Sekretaris Kabinet Pramono Anung.

3 dari 5 halaman

Bertemu AHY dan Annisa Pohan

Jan Ethes yang mengenakan baju adat diajak Presiden Jokowi untuk mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Saat keduanya keluar dari Istana Merdaka, Komandan Kogasma Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan istrinya Annisa Pohan tiba di lokasi.

Mengetahui Jokowi tengah berdiri di sayap kanan Istana Merdeka, AHY dan Annisa pun langsung menghampiri mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Di sana, ada pula putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka, dan Jan Ethes.

AHY dan Annisa langsung menyalami Jokowi dan Gibran. Selepas itu, Annisa mencoba menyapa Jan Ethes.

Bertemu Annisa Pohan yang merupakan seorang artis, Jan Ethes tampak malu-malu. Pada sisi lain, putra pertama Gibran itu antusias dengan kehadiran Annisa.

Jan Ethes yang lebih dahulu menjulurkan tangan ke arah Annisa. Sontak, Annisa pun langsung menyambut tangan Jan Ethes.

Menantu Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono itu senang dapat bertemu dengan Jan Ethes. Dia pun mengelus-elus pipi cucu pertama Jokowi.

"Ini Jan Ethes Papih," kata Annisa memberitahukan AHY.

"(Jan Ethes) Sudah besar ya," lanjut Annisa.

4 dari 5 halaman

Bersama Sedah Mirah

Upacara HUT ke-74 RI digelar di Istana Merdeka, Jakarta. Dalam acara yang disiarkan langsung semua stasiun televisi ini tampil Presiden Jokowi sebagai pemimpin upacara dengan mengenakan pakaian adat Bali.

Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana yang mengenakan baju adat Simalungun beserta anak dan cucunya. Lucunya, cucu-cucu Jokowi juga ikut memeriahkan dengan berbaju adat.

Seperti Jokowi, Jan Ethes juga mengenakan pakaian adat Bali dalam perayaan HUT ke-74 RI. Sementara Sedah Mirah mengenakan baju kebaya putih.

Jokowi mengatakan sengaja menggandeng kedua cucunya untuk berbagai semangat kemerdekaan.

"Berbagi semangat kemerdekaan dengan anak cucu, saya mengajak serta Jan Ethes dan Sedah Mirah ke pelataran Istana menyaksikan Upacara 17 Agustus," tulis keterangn foto Jokowi bersama kedua cucunya di instagram @Jokowi.

5 dari 5 halaman

Cilukba

Presiden Jokowi mengajak Jan Ethes ketika memberikan pernyataan di hadapan media di Istana saat peringatan HUT RI di Istana.

"Cilukbaaa," demikian tulis Jokowi dalam akun instagram resminya. 

Sebelumnya, Jokowi juga mengajak Jan Ethes untuk menyalami para tamu undangan. Ada pula putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Tindakan Jokowi tersebut dengan cepat menuai respons dari warganet. Banyak warganet mengomentari Jan Ethes yang tampil lucu dan menggemaskan.

Bahkan, nama Jan Ethes menjadi Trending Topic di Twitter pada Sabtu 17 Agustus 2019.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.