Sukses

Pengibaran Bendera di Dasar Teluk Manado Masuk Rekor Dunia

Tri menuturkan untuk memecahkan rekor tersebut, membutuhkan waktu hingga satu tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Wanita Selam Indonesia (WASI) mengibarkan bendera Merah Putih di dasar Teluk Manado, Sulawesi Utara (Sulut), tepatnya di kawasan Megamas. Pengibaran bendera tersebut tercatat sebagai rekor baru dunia versi Guinness World Records.

Ketua WASI Tri Tito Karnavian menyatakan, pemecahan rekor dilakukan pada 1 sampai 3 Agustus 2019. Ini merupakan hadiah ulang tahun ke-74 dari WASI untuk Republik Indonesia.

“Kami berharap semua orang mau melakukan yang terbaik bagi bangsanya,” kata Tri dalam keterangan tertulis, Sabtu (17/8/2019).

Tri menuturkan untuk memecahkan rekor tersebut, membutuhkan waktu hingga satu tahun. Mulai dari pembuatan bendera raksasa yang dikerjakan pengrajin lokal asal Bitung, Raden Ali beserta timnya hingga menentukan besaran bendera yang akan dikibarkan.

“Semula kami hanya akan mengibarkan bendera seluas 500 meter seperti yang dilakukan WASI ketika memecahkan rekor MURI 2018 lalu, namun ada masukan dari Guinness World Records bahwa pengibaran bendera harus sesuai standar yang berlaku di Indonesia," kata dia.

"Berdasarkan aturan tersebut, maka kami membuat bendera berukuran 26 x 39 meter dan kemudian mengibarkan bendera dengan ukuran 1.014 meter persegi tersebut di Teluk Manado,” tambah Tri.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Motivasi Pecahkan Rekor

Untuk diketahui, berdasarkan UU no 24 Tahun 2009 Pasal 4 ayat 1, ukuran bendera yang harus dipenuhi adalah bentuk segi empat dengan ukuran lebar dua pertiga dari ukuran panjang.

Ketika disinggung soal motivasi memecahkan rekor tersebut, Tri mengungkapkan bahwa Indonesia memiliki banyak sekali potensi pariwisata laut yang indah. Objek wisata itu membentang dari Sabang sampai Merauke, sehingga WASI ingin semua itu dikenal oleh dunia luar.

WASI merupakan organisasi selam di Indonesia yang didirikan tahun 2018. Meskipun usianya masih terbilang muda, namun organisasi ini telah berhasil memecahkan 1 rekor nasional versi MURI pada tahun 2018 dan 3 rekor dunia versi Guinness World Records pada tahun 2019 ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.