Sukses

Kakak Kandung Iriana Jokowi Kena Rotasi Guru di Solo

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyebut pemerintah tengah melakukan rotasi guru sesuai zonasi.

Langkah itu, menurutnya dilakukan tanpa tebang pilih. Muhadjir mengambil contoh, Kakak kandung  Ibu Negara Iriana Jokowi, yang juga terkena rotasi guru dari sekolah tempatnya mengajar di Solo, Jawa Tengah. 

"Di Solo sudah rotasi. Bahkan kakak ibu negara juga kena rotasi. Selain di Solo, Malang dan Surabaya sudah rotasi juga," ujar Muhadjir di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Rabu (14/8/2019).

Kakak Iriana merupakan seorang guru Sekolah Menangah Pertama (SMP) di Solo. Muhadjir mengatakan pemerintah tidak tebang pilih dalam melakukan rotasi. 

"Kebijakan ini tidak ada hak-hak istimewa. Siapa pun harus mengikuti aturan. PPDB juga gitu, keponakan saya enggak lolos, ya silahkan saja. ‎Memang ini zonasi dan dia tidak di luar zona. Tidak diterima di negeri, pindah ke swasta," jelas dia.

2 dari 3 halaman

Pemerataan Guru

Menurut Muhadjir, rotasi tersebut bertujuan agar ada pemerataan guru di Indonesia. Sehingga, guru PNS dan honorer dapat bercampur dalam satu sekolah.

"Ada sekolah yang tidak ada gurunya PNS sama sekali kecuali kepala sekolahnya. Ini tidak boleh terjadi. Dan itu wewenangnya daerah untuk segera melakukan rotasi berbasis zonasi," kata dia. 

Muhadjir memastikan, rotasi dilakukan sesuai zona dalam satu daerah, bukan antar-provinsi.

"Tidak perlu antar daerah apalagi provinsi. Jadi guru-guru jangan resah. Per zonasi dulu kita mulai," ucap mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) itu.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

Loading
Artikel Selanjutnya
Bertolak ke NTT, Jokowi Tinjau Tambak Garam dan Bagikan Sertifikat Tanah
Artikel Selanjutnya
Selain Pakaian Adat Simalungun, Tas Tangan Iriana Juga Mencuri Perhatian