Sukses

Turis Mabuk yang Berulah di Bali Jadi Tersangka

Liputan6.com, Bali - Cuplikan video aksi Nicolas Carr, seorang turis di Bali yang melakukan perusakan dan penganiayaan menjadi viral beberapa hari terakhir. Meski mengaku mabuk saat kejadian, proses hukum Nicolas tetap dilanjutkan karena aksinya membahayakan nyawa orang lain.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Selasa (13/8/2019), warga Australia ini akhirnya ditetapkan sebagai tersangka. Dia pun kini mendekam di tahanan di Polsek Kuta sambil menunggu hukuman yang akan diterimanya.

"Itu merupakan unsur kesengajaan, walaupun dia dalam kondisi mabuk," kata Kapolsek Kuta AKP Teuku Ricky Fadliansah.

Bukan kali ini saja kasus kriminal yang dilakukan turis asing terjadi di Bali. Awal Juli lalu, sebuah video perkelahian antar turis asing hingga merusak pintu kaca salah satu toko terjadi di Pantai Sanur. Lagi-lagi dalam kondisi mabuk turis asing itu berulah, menantang orang-orang disekitarnya.

Seorang turis juga mengamuk di Kantor Konsulat Swiss akibat depresi ingin segera dipulangkan ke negaranya. Hampir dua jam lamanya petugas BPBD dan Satpol PP Kota Denpasar berupaya mengevakuasi Peter Hugo.

Ulah beberapa wisatawan asing yang melanggar aturan di sejumlah tempat wisata di Indonesia kerap menjadi perhatian masyarakat.

Ditjen Imigrasi Kementrian Hukum dan HAM akan bekerjasama dengan pihak lain untuk menindak tegas pelanggaran serupa.

Indonesia memang terbuka bagi siapapun yang ingin menikmati pesona alamnya. Namun, jangan sampai keramah-tamahan penduduknya disalah-gunakan hingga bisa mudah membuat onar di negeri orang. (Rio Audhitama Sihombing)