Sukses

Lolos Tes CPNS, Pria di Bandung Malah Dipaksa Mundur

Fokus, Bandung - Arsal Fatra Yoga Pratama bersama sang istri keluar ruangan kantor inspektorat wilayah Bandung Barat dengan rasa kecewa. Bahkan sang istri sempat menangis karena suaminya harus mengubur impiannya untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Seperti ditayangkan Fokus Indosiar, Selasa (13/8/2019), pasangan ini dipanggil dan dipertemukan dengan instansi terkait termasuk Badan Kepegawaian Daerah (BKD) dan Inspektorat Bandung Barat untuk mengklarifikasi mengenai keputusan pembatalan lolos tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS).

BKD Bandung Barat menganulir sekaligus meminta Arsal Fatra untuk mengundurkan diri dari CPNS.

Arsal yang merupakan lulusan Unpad ini mengaku kecewa karena ia sudah mengikuti semua tahapan seleksi dan dinyatakan lulus. Arsal melamar sebagai paramedik di Dinas Peternakan Bandung Barat. Ia dipaksa mundur karena terganjal ijazah. Dia melamar untuk pos yang tidak sesuai dengan ijazahnya.

"Sudah enggak bisa lanjut lagi, kecewa sih, lihat saja nanti selanjutnya," ujar pelamar CPNS Arsal Fatra Yoga Pratama.

Pihak BKD menyatakan, Arsal salah melamar pos lowongan. Namun, BKD mengakui ada kelalaian dari tim seleksi saat melakukan verifikasi ijazah.

"Sebetulnya sederhana, yang bersangkutan salah masuk artinya seharusnya masuk di formasi D3 di mana yang bersangkutan seharusnya mempunyai ijazah D3, tapi ini salah masuk, yang bersangkutan ternyata S1, itu sudah merupakan ketentuan yang tidak bisa ditawar lagi," jelas Kepala BKD Bandung Barat Asep Ilyas.

Arsal mengaku masih akan berpikir untuk menempuh langkah selanjutnya.