Sukses

Menpar Resmi Buka Tomohon International Flower Festival 2019

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pariwisata Arief Yahya menghadiri acara pelepasan Tournament of Flower, Tomohon International Flower Festival 2019, Kamis (8/8). Pelepasan yang dilakukan di jalan Babe Palar itu diiringi Tari Kabasaran atau tari perang tradisional Minahasa.

Dalam event ini, diluncurkan varietas bunga Iriana Tomohon yang dinilai Menpar Arief mampu menarik perhatian wisatawan.

"Saya ingin mengabarkan hal-hal baik saja. Pertama, saya ucapkan selamat karena, TIFF 2019 sudah menjadi trending topic. Yang artinya perhatian masyarakat terpusat ke Tomohon. Sekali lagi selamat," katanya.

Ditambahkannya, TIFF masuk dalam 100 Calendar of Event Kementerian Pariwisata. Berdasarkan laporan Tim Kurator Kemenpar, TIFF dipastikan kembali masuk dalam Calendar of Event 2020.

"Berarti tinggal selangkah lagi buat TIFF untuk masuk dalam Top 10 Wonderful Event. Kalau buat saya sangat layak karena event ini sustain dan selalu ramai, serta TIFF adalah festival karnaval bunga terbaik nasional," tutur Menpar.

Sementara Walikota Tomohon Jimmy Feidi Eman menegaskan jika Pemkot Tomohon telah menetapkan pariwisata sebagai leading sector.

"Pariwisata dijadikan leading sector karena Tomohon memiliki banyak destinasi. Punya kebudayaan yang bisa ditampillkan. Dan banyak kunjungan wisatawan. Kami makin semangat membangun," katanya.

Bupati Jimmy Eman tak lupa mengucapkan terima kasih kepada Kemenpar yang telah mendukung event. Juga atas kesediaaan Mempar untuk hadir. Ia berhaarap TIFF memiliki multiplier effect buat ekonomi kreatif. "Kami juga berharap event ini tetap didukung, sehingga kami bisa mendatangkan wisman," harapnya.

Sementara Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kemenpar Rizki Handayani mengatakan Tomohon International Flower Festival sangat semarak.

"TIFF adalah event yang sangat ditunggu di Sulawesi Utara. Bahkan juga nasional karena value event ini sangat luar biasa. Levelnya inernasional hanya bisa disaingi festival bunga di Pasadena, Amerika," kata Rizki, diamini Asdep Pengembangan Pemasaran I Regional III Kemenpar Muh Ricky Fauziyani.

Sementara Ketua Tim Pelaksana Calendar of Event Kemenpar Esthy Reko Astuty, mengatakan agenda di TiFF 2019 sangat padat.

"Rangkaian acaranya sangat banyak. Namun puncak kegiatan ini adalah Tournament of Flower karena banyak peserta mancanegara yang berpartisipasi. Makanya segera ke Tomohon," ajak Esthy.

 

(*)

Loading
Artikel Selanjutnya
Homepod Siap Beroperasi di Mandalika
Artikel Selanjutnya
Jadi Tuan Rumah WFC 2019, Bali Jadi 'Rumah Kelas Dunia'