Sukses

Silaturahim NU se-Dunia Kembali Digelar di Makkah

Awalnya acara ini merupakan silaturahim antar PCINU dari berbagai negara yang sedang menunaikan ibadah haji.

Liputan6.com, Makkah - Silaturahim Nahdlatul Ulama (NU) XVIII sedunia kembali digelar di Makkah Arab Saudi pada Kamis (8/8/2019) pagi waktu Arab Saudi (WAS).

Hadir dalam acara silaturahim NU XVIII tersebut antara lain Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrowi, dan Dubes RI untuk Arab Saudi Agus Maftuh Abegebriel.

Kemudian KH Anwar Mansyur, KH Hamid Salim Aljufri. Plt Ketua PCINU Arab Saudi Imron Masyhudi.

Acara berlangsung di Altayseer Towers Hotel, Makkah. Dengan tema Merajut Kembali Ukhuwah Wathaniyah Menuju Perdamaian Dunia.

Menag Lukman mengatakan acara ini menjadi ajang silaturahmi diaspora NU seluruh dunia di Tanah Suci, demi mendapatkan berkah Ilahi.

"Selama ini silaturahmi di dunia maya membawa ke alam nyata. Tentu ada suasana berbeda antara bertemu langsung seperti ini dan bercakap cakap. Ada nuansa persaudaraan, persahabatan," ujar dia saat memberi sambutan.

Menag mengaku sudah 6 kali hadir, dari total 18 kali acara silaturahmi NU digelar.  Harapannya, silaturahim ini bisa dijaga dan dirawat bersama sebab manfaat dan kemaslahatannya yang begitu besar.

"Tak hanya NU tapi bangsa dan negara," ujar dia.

 

 

Plt Ketua PCINU Arab Saudi Imron Mayshudi menuturkan jika acara ini diselenggarakan setiap musim haji sejak 2002. Hadir Pengurus Cabang Istimewa (PCI) Nahdlatul Ulama dari seluruh dunia.

"Doakan seluruh 39 PJI, termasuk dari California, Skotlandia terus berkembang dan berjuang di kancah dunia dalam menuju perdamaian," ujar dia.

Awalnya acara ini merupakan silaturahim antar PCINU dari berbagai negara yang sedang menunaikan ibadah haji.

Namun dalam perkembangannya, dari tahun ke tahun, acara silaturahim ini selain dihadiri berbagai perwakilan PCINU, juga dihadiri para masyayikh PBNU.

Adapula perwakilan PWNU, dan PCNU seluruh Indonesia juga para Pejabat RI yang sedang melaksanakan ibadah haji.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini