Sukses

Istana : Sosok Kresno Bisa Jadi Teladan Generasi Muda

Presiden Jokowi menggelar wayang kulit di Istana Kepresidan. Pagelaran tersebut didalangi Ki Manteb Shudarsono yang membawakan lakon Kresno Jumeneng Ratu.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi menggelar wayang kulit di Istana Kepresidan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019) malam. Pagelaran tersebut didalangi Ki Manteb Shudarsono yang membawakan lakon Kresno Jumeneng Ratu. Deputi IV Kepala Staf Kepresidenen Eko Sulistyo menjelaskan tema malam ini diartikan Kresno sebagai raja. Menurut dia raja yang bisa mengayomi masyarakat serta juru damai terhadap pihak-pihak yang bersengketa.

Sosok Kresno kata Eko penting untuk generasi muda. Yaitu jika ingin menjadi seorang pemimpin harus memiliki semangat yang kuat. Serta dilandasi jujur dan tawakal. Hal itu kata Eko jadi bekal untuk bisa menjadi pemimpin.

"Saya rasa ini penting buat generasi muda dalam konteks kekinian bahwa jika ingin menjadi seorang pemimpin," kata Eko saat ditemui di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Jumat (2/8/2019).

Dia pun menepis tema yang dibawakan wayang kulit kali ini untuk menggambarkan kepemimpinan Jokowi. Dia menjelaskan tema tersebut dipilih oleh Ki Mantep. Dan biasa dibawakan bawa saat jumenengan kraton. Menurut dia, sosok Kresno untuk generasi muda yang ingin menjadi peminpin.

"Tidaklah, tidak semacam itu. Ini konteksnya adalah bagi siapapun, khususnya generasi muda sekarang kemudian ingin menjadi pemimpin, sifat pemimpin Kresno bisa menjadi salah satu contoh. Semangat, kerja keras, jujur," ungkap Eko.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pesan Khusus Dari Istana

Eko juga menuturkan ada pesan khusus dari Istana untuk masyarakat. Pentingnya melestarikan budaya yang sudah mulai luntur dengan budaya-budaya luar.

"Pertama secara umum bahwa pelestarian budaya itu penting. Apalagi di tengah gempuran modernisitas kemudian di tengah serbuan budaya-budaya luar. Budaya-budaya lokal semacam ini yg punya pendukung tetap harus dihidupkan," kata Eko.

Kemudian, ajaran moral yang disampaikan pada pagelaran ini kata Eko akan jadi pesan baik generasi muda dan tua. Bahwa untuk menjadi pemimpi untuk bekerja dengan baik.

"Kedua bahwa ajaran-ajaran moral yang disampaikan sebagai pesan dalam pagelaran ini akan menjadi apa pesan baik bagi generasi muda utk mencapai kepemimpinam," lanjut Eko.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Wayang