Sukses

BERITA TERKINIPARA MENTERI JOKOWI-MA'RUF DI KABINET INDONESIA MAJU

3 Poros 'Hijau' Berebut Menteri Agama, Siapa Terpilih?

Liputan6.com, Jakarta Susunan kabinet menteri Jokowi-Ma'ruf Amin masih terus digodok hingga saat ini. Namun desas desus siapa menjadi menjadi menteri apa, dan perebutan antara pendukung terhadap salah satu pos menteri mulai kencang berhembus. 

Satu pos menteri yang menarik banyak minat adalah menteri agama. Tercatat setidaknya ada tiga kubu yang merasa wajar jika jabatan menag ditujukan kepadanya. Kelompok tersebut adalah poros 'hijau' pendukung Jokowi-Ma'ruf Amin, yakni PPP, PKB  dan Nadhatul Ulama (NU).

Lalu siapa yang akan dipilih Jokowi?

Pengamat politik dari Universitas Islam Negeri Hidayatullah Jakarta Adi Prayitno memprediksi kursi itu bisa menjadi milik PPP. Karena DNA-nya memang sudah di sana.

Berdasarkan catatan, PPP sudah memegang kursi menag sejak era SBY periode kedua yakni Suryadharma Ali (SDA). Dia tercatat sebagai Ketua Umum PPP saat itu. Usai SDA muncul nama Lukman Hakim Saifuddin di era Jokowi.

"Menag bisa saja PPP. DNA-nya milik PPP. Jatah politik PPP sejak lama," kata Adi kepada Liputan6.com, (Senin 22/7/2019).

Namun, ada beberapa catatan yang harus diperbaiki PPP. Dimana, banyak masalah kadernya di pos menteri ini. Karenan itu perlu dievaluasi lagi.

Sebut saja, mantan Ketum PPP Suryadharma Ali kesandung soal korupsi penyelenggaraan haji. Menyusul mantan Ketum PPP lainnya, Romahurmuziy yang terkena OTT KPK lantaran diduga jual beli jabatan. Bahkan kasus pria yang akrab disapa Romi itu, juga disebut menyeret Menag sekarang, Lukman Hakim.

"Nah itu yang perlu dievaluasi soal banyak masalah. Perlu sekali-kali Menag dari partai lain. Yang penting dari NU," jelas Lukman.

Bak gayung bersambut, Ketua PBNU Kiai Said Aqil Siradj tak menampik jika NU mendapat pos menteri itu. Apalagi posisi tersebut sudah seperti otomatis milik NU.

"(Posisi) Menag seharusnya otomatis begitu, jatah (NU). Kadernya akan disiapkan. Apapun berapapun kita enggak ngoyo," kata Said.

Namun, Plt Ketum PPP Suharso Monoarfa belum mau menyerah. Meskipun dia belum menyodorkan nama untuk posisi itu kepada Presiden Jokowi.

"Itu nanti (akan dibicarakan). Belum, belum menyodorkan nama," kata Suharso.

Setali tiga uang. Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin, juga memberi sinyal mengincar kursi menteri agama. Namun, sampai sekarang belum juga mengajukan ke Presiden.

"Kita belum membahas. Belum, belum ada pengajuan kembali," jelas Cak Imin.

Saat ditegaskan, nama Maman Abdurahman yang akan diajukan PKB sebagai calon menteri agama, Cak Imin tak membantahnya.

"Menteri itu kan urusannya Presiden. Kita tunggu saja," pungkasnya.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Rombongan Menteri dari UGM Masuk Kabinet Jokowi Jilid II
Artikel Selanjutnya
Headline: Kejutan di Kabinet Indonesia Maju Jokowi-Ma'ruf, Siap Out of The Box?