Sukses

Wiranto: Akhir-Akhir Ini Kita Hadapi Kondisi Rawan yang Mengancam Stabilitas Nasional

Wiranto bersyukur bahwa pembangunan berjalan baik ditandai dengan angka petumbuhan ekonomi masih stabil.

Liputan6.com, Jakarta - Menko Polhukam Wiranto menggelar rapat terbatas tingkat menteri di kantornya. Agenda yang dibahas tentang pencapaian dan evaluasi jelang berakhirnya pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi periode pertama.

Turut hadir, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, Menkumham Yasonna H. Laoly, Kepala BNPT Suhardi Alius, Menkominfo Rudiantara, dan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin.

"saya ingin menjelaskan bahwa Periode pemerintahan Presiden Jokowi yang pertama, hampir berakhir, dalam hal ini rencana strategis pembangunan jangka pendek dan jangka sedang sudah dilaksanakan, dan kita juga terlibat didalamnya," ucap Wiranto membuka rapat di kantornya, Jakarta, Jumat (19/7/2019).

Dia bersyukur bahwa pembangunan berjalan baik ditandai dengan angka petumbuhan ekonomi masih stabil, di tengah kondisi dunia yang tidak bersahabat. Yang juga bisa mempertahankan pertumbuhan ekonomi nasional.

"Namun itu tentunya tidak terlepas dari bagaimana kita menjaga stabilitas keamanan nasional, stabilitas politik, dan kondisi hukum nasional," kata dia.

Wiranto menambahkan, tidak mungkin pembangunan berjalan di suatu negara, padahal stabilitas keamanan tidak berjalan dengan baik.

"Kenyataanya memang akhir-akhir ini kita menghadapi cukup banyak kondisi rawan yang mengancam stabilitas keamanan nasional," jelas Wiranto.

Dia mencontohkan, bagaimana banyak peristiwa seperti aksi 411, 212, aksi-aksi terorisme. Kemudian juga agenda Pemilu serentak, sampai kasus 21-22 Mei lalu.

"Dan kita syukur bahwa semua kondisi rawan itu dapat kita atasi dengan baik, dapat kita kendalikan. Sehingga stabilitas keamanan nasional masih dapat menunjang pembangunan nasional baik pembangunan ekonomi, maupun politik nasional," jelas Wiranto.

Dia juga menyampaikan, semua bisa dikerjakan dengan baik, lantaran adanya satu koordinasi yang baik. Dukungan dari semua kementerian lembaga yang tergabung dalam koordinasi Kementerian Politik, Hukum dan Keamanan.

"Dan tentunya saya merasa ini juga berkat hasil kerja keras, kerja sungguh-sungguh teman-teman di kementerian-lembaga, yang telah melakukan satu langkah yang cepat, terarah, terencana, dan cukup tegas mengatasi kondisi rawan itu. Kita ambil contoh misalnya, beberapa kondisi rawan yang kita tangani," tukasnya.

Karenanya, masih kata dia, dirinya mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah memberikan informasi akurat, sehingga mampu untuk merencanakan aksi yang dilakukan oleh kementerian-lembaga untuk mengatasi berbagai situasi rawan yang ada beberapa waktu lalu.

"Saya kira semua memberikan andil dalam rangka kita membangun stabilitas keamanan yang akhirnya pada tahun ini kita hampir mengakhiri periode pertama bapak Jokowi-JK," tukasnya.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jaga Stabilitas Nasional

Meski demikian, lanjut dia, ini tentu belum selesai, karena pasti akan ada terus ada ancaman, gangguan, dan tantangan keamanan dan berbagai skala yang dihadapi.

"Karena itu menjelang berakhirnya periode pertama ini, kita mencoba untuk melakukan satu evaluasi lengkap untuk mengantarkan pemerintahan Pak Jokowi periode kedua," jelas Wiranto.

"Tetap berorientasi bahwa apa yang kita lakukan tetap bisa menjaga stabilitas nasional, baik stabilitas politik, stabilitas keamanan, maupun penegakkan hukum," tegas dia.

Menurut Wiranto, ini penting dibahas agar program pembangunan kemarin, yang berorientasi dengan infrastruktur akan dilanjutkan dengan peningkatan SDM yang berkualitas.

"Saya juga harapkan bahwa dengan kegiatan-kegiatan kita yang terencana, terarah, dan baik ini kan terus menjamin bahwa demokrasi di Indonesia yang masih harus terus tumbuh dan berkembang dapat terjaga dengan baik," pungkas Wiranto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan
    Wiranto adalah Ketua Umum Partai Hanura dan kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan

    Wiranto