Sukses

Polisi Sebut Penembak Harun Rasyid Saat Kerusuhan 22 Mei Bertangan Kidal

Harun merupakan satu di antara sembilan korban meninggal dalam kerusuhan 22 Mei 2019.

Jakarta - Tim investigasi telah mengidentifikasi seorang pelaku yang diduga menembak Harun Rasyid pada kerusuhan 22 Mei 2019. Ciri-cirinya, berambut gondrong, tinggi sekitar 175 cm, dan menembak dengan tangan kiri.

"Mungkin kidal," ungkap Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombespol Suyudi Ario Seto, Jumat (5/7/2019) seperti dikutip dari Jawapos.

Ciri-ciri tersebut diketahui melalui analisis face recognition dari 704 visual. Terdiri atas 60 rekaman closed circuit television (CCTV), 480 video amatir, 93 foto amatir, 44 media massa, dan 27 dari media sosial.

Harun Rasyid merupakan satu di antara sembilan korban meninggal dalam kerusuhan tersebut. Jenazah Harun telah diotopsi bersama tiga korban lainnya. "Lima korban tidak diotopsi karena keluarga tidak berkenan," kata Suyudi.

Berdasar pemeriksaan saksi di lapangan, kata dia, Harun ditembak dari jarak sekitar 30 meter. Posisi korban dengan polisi yang menangani kerusuhan sekitar 100 meter. Pelaku penembakan berada di sisi kanan berdekatan dengan ruko di flyover Slipi. "Saksi menyebut Harun ditembak dengan pistol berwarna hitam," jelasnya.

Dengan metode face recognition pula, telah diamankan sembilan orang yang diduga merusak kendaraan kepolisian. Analisis sementara, pelaku kerusuhan berasal dari berbagai elemen. Yakni, organisasi kemasyarakatan (ormas) dari berbagai daerah seperti Serang, Banyumas, Cianjur, Lampung, dan Aceh.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penyidikan yang Rumit

Karopenmas Divhumas Polri Brigjen Dedi Prasetyo menuturkan, penyelidikan begitu rumit dengan menggunakan scientific crime. Salah satunya, pembuktian terkait siapa pelaku penembakan dalam kerusuhan. "Setelah dilakukan uji balistik, diketahui peluru kaliber 5,56 dan kaliber 9 mm," ungkapnya.

Namun, uji balistik hanya bisa mengungkap jenis peluru dan kemungkinan senjata yang digunakan. Karena itu, dilengkapi dengan face recognition.

Dari penyelidikan juga telah diketahui siapa pemberi komando lapangan yang melakukan berbagai provokasi. "Sudah ditetapkan sebagai DPO (daftar pencarian orang atau buron,)," ujar Dedi.

Simak berita Jawapos lainnya di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.