Sukses

Solmet Dukung Ide Jokowi soal Karantina RT/RW untuk Cegah Covid-19

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Solidaritas Merah Putih Sylvester Matutina mendukung kebijakan Presiden Jokowi agar dilakukan karantina untuk wilayah terkecil RT/RW untuk menghambat penyebaran Covid-19.

"Kita mendukung apa yang dikemukakan Presiden Jokowi di Semarang kemarin bahwa lebih efektif melakukan isolasi tingkat RT, RW dan desa dibandingkan karantina Kota/Kabupaten atau Propinsi," ujarnya Selasa (30/6/2020).

Sylvester menyatakan, gagasan karantina wilayah kecil pernah dia lontarkan langsung ke Jokowi  April 2020 di Istana Bogor.

"Jadi ketika ada satu warga di RT/RW terpapar Covid-19 maka RT/RW langsung di isolasi, warganya di rapid atau di swab dan diberikan insentif dalam menghadapi kehidupan sehari hari," jelasnya.

Sedangkan RT/RW atau Desa lain tidak dilakukan isolasi tetapi tetap berkegiatan seperti biasa hanya saja diterapkan aturan protokol kesehatan. Sehingga pembangunan infrastruktur tetap berjalan, kantor buka, pabrik tetap beroperasi. Kecuali sekolah tapi dengan aturan protokol kesehatan yang sangat ketat.

2 dari 2 halaman

Hemat Anggaran

"Jadi intensif bantuan sosial tidak perlu untuk semua propinsi dan seluruh Indonesia. Hingga bisa menghemat keuangan negara," ujarnya.

Selain usulan k arantina wilayah terkecil, Sylvester juga memberikan data ke presiden mengenai Bantuan Sosial yang tidak tepat sasaran di DKI Jakarta, Banten dan Jawa Barat.

"Kita usulkan dibuat TV Pool untuk informasi mengenai Covid 19 dan hotline khusus untuk Pengadaan APD untuk rumah sakit dan Warga yang terpapar Covid 19," pungkasnya.