Sukses

Megawati Minta Agar Kader PDIP Tak Euforia Sikapi Putusan MK

Menurut Hasto, meskipun PDIP pada pemilu legislatif 2019 tampil sebagai partai politik yang meraih kepercayaan tertinggi dari masyarakat, partai besutan Megawati ini tidak euforia.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri berpesan kepada seluruh kader partai agar tidak euforia menyikapi putusan Mahkamah Konstitusi yang menolak permohonan gugatan sengketa hasil pemilu presiden yang dimohonkan Prabowo-Sandiaga.

Pesan Megawati itu dikatakan Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto di DPP PDIP, Kamis (27/6/2019).

"Kalau MK membuat putusan memenangkan Jokowi-Ma'ruf Amin, hal ini menjadi tanggung jawab bersama dan melakukan perbaikan ke dalam atau oto-kritik kepada PDI Perjuangan," kata Hasto seperti dikutip dari Antara.

Menurut Hasto, meskipun PDIP pada pemilu legislatif 2019 tampil sebagai partai politik yang meraih kepercayaan tertinggi dari masyarakat, partai besutan Megawati ini tidak euforia.

Melalui putusan MK ini, kata dia, Joko Widodo dan Ma'ruf Amin resmi sebagai presiden terpilih dan wakil presiden terpilih yang memenuhi hak konstitusional.

Dengan demikian, kata Hasto, PDI Perjuangan membuktikan komitmennya kepada masyarakat untuk memenangkan pemilu legislatif dan pemilu presiden.

"Kemenangan ini, menjadi tanggung jawab bersama dalam mengemban amanat rakyat untuk bangsa dan negara, yang sasarannya untuk kesejahteraan rakyat," tandas Hasto.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Semangat Rekonsiliasi

Megawati juga mengucapkan selamat kepada Jokowi-Ma'ruf Amin atas kemenangan di pipres 2019. Kemenangan Jokowi dipastikan usai Mahmakah Konstitusi (MK) menolak gugatan yang diajukan pasangan Prabowo-Sandiaga.

"Ibu Megawati mengucapkan selamat kepada Bapak Jokowi dan Kiai Ma'ruf. Dan rasa bangganya," ucap Hasto.

Pihaknya percaya, Jokowi-Ma'ruf akan membawa semangat rekonsiliasi. Baik di elit politik, maupun seluruh masyarakat Indonesia.

"Kami yakin Pak Jokowi menempatkan rekonsiliasi dan membangun persaudaraan nasional sebagai skala prioritas," ungkap Hasto.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • PDIP

  • Putusan MK