Sukses

Top 3 News: Kala Papua Diguncang Gempa Hebat Berkali-kali

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini, gempa mengguncang tujuh wilayah Indonesia, pada Senin, 24 Juni kemarin. Dari ketujuh gempa tersebut, Memberamo Tengah, Papua digoyang lindu hingga berkali-kali.

Gempa bermagnitudo 6,0 pertama kali terjadi pada pukul 08.05 WIB. Hampir setengan jam kemudian, lindu kedua terjadi pada pukul 08.28 dengan magnitudo 5,2. 

Pada pukul 09.48 WIB, gempa ketiga terjadi. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat lindu bermagnitudo 5,1 dengan kedalaman 29 kilometer.

Siang harinya, bumi kembali bergetar hebat di Memberamo Tengah, Papua. Pukul 11.47 WIB, gempa bermagnitudo 5,5 terjadi pada kedalaman 17 kilometer. Lalu diguncang gempa kembali pada pukul 12.15 WIB dengan magnitudo 5,2.

Menjelang sore, gempa kembali menggoyang Papua. Masih di wilayah yang sama, kali ini gempa dengan magnitudo 4,6 terjadi pada pukul 16.56 WIB.

Kurang lebih 20 menit kemudian, lindu bergetar kuat di wilayah Memberamo Raya, pukul 17.17 WIB. Gempa ini bermagnitudo 4,4 dengan kedalaman 16 kilometer. 

Masih dari Papua. Hidup mengabdi sebagai petugas medis di daerah pedalaman Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat, pria yang kerap disapa Mantri Patra oleh warga sekitar ini meninggal dunia.

Selama empat bulan lebih dia mengabdikan diri untuk masyarakat di Kampung Oya, Distrik Naikere, Teluk Wondama. Tepatnya sejak Februari 2019.

Pemilik nama lengkap Patra Marinna Jauhari ini mengembuskan napas terakhirnya di tempat tugasnya, pada 18 Juni 2019 lantaran jatuh sakit. 

Berikut berita terpopuler di kanal News Liputan6.com, sepanjang Senin, 25 Juni 2019:

 

2 dari 5 halaman

1. Deretan Gempa Hari Ini Guncang 6 Wilayah Indonesia, Papua Berkali-kali

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mendeteksi ada tujuh gempa yang mengguncang wilayah Indonesia, Senin, 24 Juni 2019.

Gempa pertama pada hari ini menggoyang wilayah Tasikmalaya, Jawa Barat. Lindu ini terjadi pada pukul 02.58 WIB dan bermagnitudo 4,3.

Kemudian gempa berkali-kali mengguncang wilayah Memberamo Tengah, Papua. Lindu hingga lima kali terjadi di wilayah ini pada waktu yang berbeda-beda.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

2.Kisah Pilu Petugas Medis Gugur dalam Kesendirian di Pedalaman Papua

Seorang petugas medis yang akrab disapa Mantri Patra meninggal dunia saat menjalankan tugasnya di daerah pedalaman Kabupaten Teluk Wondama, Papua Barat.

Berbekal panggilan hati sebagai petugas medis membuat pria bernama lengkap Patra Marinna Jauhari itu tak berpikir dua kali saat mendapat tugas di pedalaman Teluk Wondama.

Sudah empat bulan lebih dia mengabdikan diri untuk masyarakat di Kampung Oya, Distrik Naikere, Teluk Wondama. Dia memilih setia dalam tugas, di saat rekan kerjanya memutuskan pulang dan tak kembali lagi ke sana.

Pada awal Februari lalu, Mantri Patra bersama seorang rekannya diantar menggunakan helikopter ke Kampung Oya. Mereka dijadwalkan bertugas selama tiga bulan. Namun, hingga akhir Mei 2019, belum juga ada helikopter yang datang menjemput mereka. 

 

Selengkapnya...

 

4 dari 5 halaman

3. Baca Alquran Jadi Syarat Napi Bebas, Menkumham Tarik Kalapas Polewali Mandar

 Lapas Kelas IIB Polewali Mandar, Sulawesi Barat, dirusak warga binaan pada Sabtu 22 Juni. Mereka kesal atas kebijakan baru Kalapas Polewali Mandar, Haryoto yang mewajibkan setiap napi beragama Islam yang menjalani pembebasan bersyarat harus bisa membaca Alquran.

Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Hamonangan Laoly mengatakan, Haryoto sudah ditarik ke Kanwil Kemenkum HAM. Kebijakan baru yang dibuat Hartoyo dianggap melampaui Undang-undang.

Politikus PDI Perjuangan ini menjelaskan, berdasarkan undang-undang seorang napi yang sudah menjalani hukumannya bisa dibebaskan. Meskipun dia tidak bisa membaca Alquran.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Pengakuan Monika, Korban Pengantin Pesanan di China
Artikel Selanjutnya
Top 3 News: Asa Tim Jokowi Menanti Putusan Adil Hakim di Sidang MK