Sukses

Mendagri: Banyak Daerah Belum Bisa Kelola APBD dengan Baik

Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah daerah masih banyak yang belum melakukan perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan program dengan baik

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah daerah masih banyak yang belum melakukan perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan program dengan baik dalam mengimplementasikan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Indikasinya, masih banyaknya daerah memiliki sisa Lebih Pembiayaan Anggaran Tahun (Silpa). Dimana seharusnya angka Silpa dalam APBD adalah nol.

"Ini banyak Silpa yang sampai triliunan. Satu provinsi yang Silpa-nya hampir Rp 2 triliun, ada yang Silpa-nya hampir Rp 2,3 triliun juga ada. Ini menunjukan bahwa perencanaan, penganggaran dan pelaksanaan program tidak berjalan dengan baik. Ini tolong dicermati," kata Tjahjo, Selasa (18/6/2019).

Dia menyadari, dengan tersisanya Silpa, dalam konteks menghabiskan anggaran tampaknya masih sulit.

"Apakah ini ada yang salah dalam birokrasi kita? Ini juga perlu dicermati. Sehingga rutinitas itu harus dievaluasi programnya dan output program harus jelas," ungkap Tjahjo.

Dia meminta, perlu ada peningkatan dengan inovasi-inovasi baru. Kemudian dalam hal penggagaran harus lebih detail.

"Peran BUMD-nya harus dioptimalkan dengan baik. Belanja modal itu harus produktif dan belanja sosial yang tinggi, harus diantisipasi dengan baik. Penyerapan anggaran yang realisasinya tepat (harus) sebagai prioritas utama dalam peningkatan SDM," pungkas Tjahjo Kumolo.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.