Sukses

Transjakarta Akan Tambah 5 Rute Baru Tiap Bulan

Agenda menambah lima rute baru tiap bulan ini, menurut dia sebagai strategi mencapai target satu juta penumpang perhari.

Liputan6.com, Jakarta Direktur Operasional PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Daud Joseph mengatakan Transjakarta akan menambah lima rute baru tiap bulannya.

Agenda menambah lima rute baru tiap bulan ini, menurut dia sebagai strategi mencapai target satu juta penumpang perhari. Hingga saat ini, jumlah penumpang Transjakarta perharinya telah mencapai sekitar 800 ribu orang, dan sedang menuju 900 ribu. Dalam internalnya sendiri, Daud dan tim menyebutnya sebagai "Gerakan 900K gaspol".

"Pokoknya kita mesti 'gas' gimana caranya supaya bisa mencapai 900 ribu penumpang perhari dalam satu sampai dua bulan ini. Kalau sudah 900 ribu kan tinggal selangkah lagi 1 juta," kata Daud seperti dikutip dari Antara, Jakarta, Selasa (18/6/2019).

Selain terus membuka rute-rute baru, ia menyebutkan pihaknya juga akan menambahkan jumlah bus kecil dari semula 904 unit menjadi 1.441 unit dari mulai bulan depan hingga Oktober mendatang.

"Dengan itu (penambahan jumlah bus dan rute baru), pasti jumlah penumpang akan naik. Nanti akan ada total penambahan 93 rute, sesuai dengan surat keputusan Dinas Perhubungan (Dishub)," ucapnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Integrasi

Selain itu, Daud juga mengatakan pengintegrasian Transjakarta dengan transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) dan Lintas Rel Terpadu (LRT) sangat membantu mencapai target satu juta penumpang per hari.

"Sangat membantu sekali, sebelum ada MRT jumlah penumpangnya sekitar 700 ribu (per hari) setelah berintegrasi dengan MRT menjadi 800 ribu," tambahnya.

Untuk LRT, ia mengatakan sudah ada sekitar 50 unit bus Transjakarta yang berintegrasi dan pihaknya menargetkan untuk menambah satu hingga dua rute lagi di bulan Juli 2019.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta