Sukses

BNPB: Waspadai Banjir dan Longsor Saat Mudik

Wilayah yang berpotensi terjadi longsor akibat hujan adalah wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua.

Liputan6.com, Jakarta - Deputi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Wisnu Widjaja menyebut, bencana hidrometeorologi atau bencana yang disebabkan oleh hujan menjadi ancaman mudik tahun ini. Bencana itu adalah banjir dan longsor.

"21 persen yang baru ke arah kemarau, berarti masih ada 79 persen itu berpotensi hujan, hujan ini berpotensi tanah longsor atau banjir," ujar Wisnu di Graha BNPB, Jakarta Timur, Jumat (31/5/2019).

Wisnu menjelaskan, wilayah yang berpotensi terjadi longsor akibat hujan adalah wilayah Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan Papua. Lebih spesifik diperingatkan bagi pemudik yang menempuh jalur di Sumatera bagian utara, pesisir barat, dan bagian tengah.

"Ada potensi untuk terjadi hujan dan bisa memicu longsor. Itu yang perlu hati-hati," imbuhnya.

Sementara, Pulau Jawa, Bali, sampai Nusa Tenggara relatif sudah memasuki kemarau. Kecuali Jawa bagian barat atau daerah Banten masih basah.

"Di Jawa pada umumnya musim kering," kata Wisnu.

Dia mengatakan, BNPB dan kementerian terkait sudah membuat peta terkait jalur mudik. Resiko bencana ditiap daerah bisa dilihat melalui aplikasi buatan BNPB bernama Inarisk. Di sana bisa dilihat berbagai macam informasi seperti peta risiko longsor sampai gunung berapi.

"Jadi digunakan pada saat ada hujan kita bisa ngecek posisi kita dimana dan itu daerah longsor atau tidak sehingga kita bisa waspada," kata Wisnu.

 

Reporter: Ahda Bayhaqi

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BNPB adalah Badan Nasional Penanggulangan Bencana.

    BNPB

  • Mudik menurut KBBI adalah pulang ke kampung halaman.

    Mudik

  • Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.
    Banjir adalah peristiwa bencana alam yang terjadi ketika aliran air yang berlebihan merendam daratan.

    Banjir

  • Longsor atau disebut gerakan tanah, adalah suatu peristiwa geologi yang terjadi, karena pergerakan masa batuan atau tanah.

    longsor

Video Terkini