Sukses

Anies Baswedan: Pejabat Harus Mau Dikritik Hingga Dimaki

Sebagai pejabat publik, Anies menyatakan dirinya siap menerima kritikan hingga caci maki dari masyarakat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan sama sekali tidak mempermasalahkan adanya petisi untuk mencopot dirinya dari jabatan gubernur. Menurutnya, semua orang berhak menyampaikan kritiknya.

Sebagai pejabat di ranah publik, kata Anies, dirinya harus siap menghadapi kritikan dari masyarakat. Bahkan dicaci maki sekalipun.

"Setiap warga negara berhak menyampaikan, berhak mengkritik, dan kalau berada di ranah publik harus mau dikritik, bahkan dicaci maki pun harus biasa-biasa saja. Ya inilah wilayah publik," ujar Anies di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Minggu (26/5/2019).

"Dicaci tidak tumbang, dipuji tidak terbang," katanya melanjutkan.

Anies menuturkan, alamat keluh-kesah masyarakat adalah pejabat publik. Karena itu, semua pejabat publik, termasuk dirinya harus siap mendengarkan pendapat dan keluhan masyarakat.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menegaskan, pernyataan tersebut pernah dikatakan jauh sebelum menjabat sebagai Gubernur DKI. Karenanya, Anies menilai penangkapan terhadap masyarakat yang mengkritik pemerinta adalah berlebihan.

"Karena itu kalau ada yg mengkritik nggak usah ditangkap. Saya nggak pernah menangkap orang yang mengkritik saya, sama sekali," Anies mengakhiri.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Petisi Anies Mundur

Sebelumnya, muncul petisi di laman change.org yang menuntut Anies mundur karena dinilai tidak mampu menyelesaikan pekerjaan. Petisi tersebut telah dibuat oleh akun Opini Kamu sejak 10 bulan lalu.

Hingga Minggu 26 Mei 2019 pukul 19.34 WIB, petisi tersebut telah mendapat 132.159 dari target 150.000 tanda tangan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.