Sukses

Kesaksian Warga Saat Plaza Kalibata Terbakar Jelang Buka Puasa

Liputan6.com, Jakarta - Kebakaran terjadi di sebuah restoran yang ada di Plaza Kalibata, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2019). Insiden yang terjadi jelang waktu buka puasa atau sekitar pukul 17.30 WIB itu membuat pengunjung plaza panik dan berhamburan keluar.

"Kebakaran tadi itu kira-kira jam setengah 6 di restoran paling atas Mal Kalibata," ujar salah seorang pengunjung mal, Irfan Hermawan kepada Merdeka.com.

Api dengan cepat dapat dikuasai setelah Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta menerjunkan 12 unit mobil pemadamnya. Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 18.30 WIB.

"Terus pada keluar semua, enggak lama mobil pemadam dateng, terus kira-kira 20 menit, api langsung padam," kata Irfan.

Saat itu, kendaraan milik Irfan sempat terjebak di basement atau parkiran bawah Plaza Kalibata. Meski begitu, Irfan memilih mengevakuasi anak dan istrinya ke tempat yang lebih aman.

"Motor ane sempet kejebak di parkiran, ya udah ane nyelametin anak sama isteri aja dulu baru ambil motor. Asap juga masih ngebul banget, tapi apinya udah padam," ucapnya.

Meski api sudah padam, kepulan asap hitam masih menyelimuti lokasi dan sekitar pusat perbelanjaan di Kalibata itu. "Tadi sempet macet jalan depan mal, tapi enggak lama," tutup Irfan.

Sementara itu, Andi salah seorang pemadam kebakaran menyebut, kebakaran itu terjadi di restoran cepat saji McDonald. "Api cepat kita kuasai, dan enggak lama buat madamin apinya," ujar Andi.

2 dari 3 halaman

12 Mobil Pemadam Diterjunkan

Kebakaran terjadi di Plaza Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan, Minggu (19/5/2019). 12 unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) DKI Jakarta menerima kabar kebakaran sekitar pukul 17.30 WIB tadi. 

Unit mobil pemadam kebakaran tiba sekitar delapan menit kemudian atau sekitar pukul 17.38 WIB dan langsung melakukan pemadaman.

Api dengan cepat berhasil dipadamkan. Belum diketahui kerugian yang terjadi akibat musibah kebakaran tersebut.

"Objek Kejadian Gudang Mc Donnald. Situasi pemadaman selesai 18.30 (WIB)," cuit akun resmi DPKP DKI Jakarta @humasjakfire.

Saat ini, petugas di lapangan tengah melakukan proses pendinginan.

3 dari 3 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Lebih dari 1.000 Petugas Damkar Berusaha Kendalikan Kebakaran Lahan Besar di Portugal
Artikel Selanjutnya
Nasib Penghuni 5 Rumah Terbakar di Banyumas