Sukses

Polri Harap Masyarakat Bijak Gunakan Rest Area Saat Mudik

Dia mengimbau bila kiranya rest area yang dikehendaki pengendara penuh, mereka bisa mencari di titik di KM berikutnya yang lebih lengang.

Liputan6.com, Jakarta - Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri mengimbau pemudik bijak menggunakan tempat istirahat atau rest area di tol selama mudik Lebaran 2019. Sebab, temuan di lapangan menyebut salah satu sumber kemacetan terjadi saat volume rest area melampau batas.

"Jadi mereka (diharap) tidak lama-lama (di rest area) dan yang kita sampaikan kepada masyarakat, walaupun pada area tertentu disiapkan bahan bakar, diharapkan mengisi bahan bakar di titik pergerakan," kata Irjen Refdi di Crowne Plaza Semanggi, Jakarta Selatan, Kamis (16/5/2019).

Jenderal bintang dua ini menjelaskan, pemberlakuan kebijakan satu arah bagi pemudik pengguna Tol Trans Jawa lintas barat ke timur membuka akses rest area di dua titik, kiri dan kanan.

Karenanya, dia kembali mengimbau bila kiranya rest area yang dikehendaki pengendara penuh, mereka bisa mencari di titik di KM berikutnya yang lebih lengang.

"Arah menuju Jakarta hingga Jawa Barat bisa kita manfaatkan adalah rest area dua-duanya artinya, itu dua-duanya dimanfaatkan jalur a dan b itu seimbang," jelas Irjen Refdi.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Larangan Gunakan Bahu Jalan

Irjen Refdi juga menegaskan kepada pengendara untuk tidak menggunakan bahu jalan sebagai tempat rest area. Sebab, bahu jalan adalah jalur khusus yang dikondisikan untuk keperluan mendesak.

"Anggota di lapangan telah mengatur dan siap memberikan arahan ke tempat memiliki fasilitas memadai untuk beristirahat. Bahu jalan pada kedua lajur ini betul kita bisa manfaatkan untuk pergerakan lalu lintas," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.