Sukses

Sambut Ramadan, Ulama dan Tokoh di Jakarta Barat Doa Bersama

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah ulama dan tokoh masyarakat se-Jakarta Barat menggelar doa bersama menyambut puasa Ramadan dan upaya menjaga keutuhan NKRI usai pemilu 2019. Acara digelar di Masjid Agung Al-Muhlisin, Grogol, Jakarta Barat, Sabtu (4/5/2019) malam.

Imam Besar Masjid Istiqlal Nazaruddin Umar yang hadir di acara tersebut menyatakan, kekompakan masyarakat harus selama dijaga. Ulama, tokoh serta masyarakat yang hadir di acara ini, semuanya menebarkan senyuman. 

Nazaruddin mengajak ulama dan umaro serta masyarakat untuk memperbanyak doa kepada orangtua, baik yang ada dan juga telah tiada. Silaturahmi kepada orang tua yang wafat juga hendaknya dikunjungi untuk tetap menjaga silaturahmi yang baik.

"Jaga silaturahmi sebaik-baiknya. Kunjungi orangtua sebelum Ramadhan tiba. Memohon maaf kepada orang tua baik yang masih ada maupun yang telah tiada. Merekalah yang membesarkan dan merawat kita. Jaga sebaik-baiknya silaturahmi kepada orang tua danjuga hubungan antar manusia," tandas Nazaruddin.

Dia menyatakan, Ramadan momen bagus untuk saling memaafkan. Mungkin ada yang mengcewakan satu dengan yang lainnya. Di Indonesia tidak ada orang lain, sebangsa dan se Tanah Air adalah bersaudara.

"Bagaimana mungkin Allah mengampuni kita jika kita pelit untuk memaafkan orang lain. Semakin murah kita memaafkan orang lain, Allah pun akan semakin berlapang memaafkan kita. Siapa yang pelit akan pelit dimaafkan Allah," ucapnya.

Sebelumnya, Kapolres Jakarta Barat, Kombes Pol Hengki Haryadi mengajak seluruh masyarakat untuk tetap menjaga kemuliaan Bulan Ramadan. Ia juga mengajak masyarakat untuk tidak lagi terpecah-pecah dan lebih menjaga persaudaraan dan persahabatan serta tetap menjaga ukhuwah Islamiah.

"Saya yakin Jakarta Barat sudah punya stigma ulama dan umaro yang sangat kompak. Tak ada lagi ulama 01 dan 02 kami tegaskan tidak ada. Yang ada saat ini adalah 03 yakni Persatuan Indonesia,” ungkap Hengki disambut tepuk tangan jamaah yang datang.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Ulama Pendukung 01 dan 02

Dalam kesempatan itu Ulama dari pendukung capres cawapres 01 Jokowi-Maruf Amin yang hadir adalah Suhaeri Gaos, Abdur Rahman Masduki, Ustaz Asikin, Ustaz Hasan Hasari, KH Abdul Hamid, Sumitroh, Kimung, Syamsurin, Saadi, ustaz Zaenal Abidin dan Ustaz Mustopa.

Sedangkan ulama dari pendukung capres cawapres Prabowo-Sandiaga adalah Hamdani, Ustaz Nanang, Ustaz Faris Ariansya, Ustaz Fikri Amien, KH Z Lee, Andul Mukti, Tabar, KH Khaetami, Ustaz Suripno Huesen, Ustaz Cucu Saefuloh dan Habib Sahaab Anggawi.