Sukses

Polri: Pemilu 2019 Aman dan Kondusif

Liputan6.com, Jakarta - Polri mengklaim Pemilu 2019 hingga tahapan pencoblosan hari ini, Rabu (17/4/2019) berjalan aman dan kondusif. Hal itu berdasarkan laporan aparat keamanan yang berjaga di seluruh pelosok Tanah Air.

"Situasi keamanan, Alhamdulillah secara nasional laporan dari Polda Aceh sampai Polda Papua secara umum sangat kondusif. Dari persiapan kemarin sampai hari ini pencoblosan Alhamdulillah berjalan aman," ujar Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo, Jakarta.

Mewakili Mabes Polri, Dedi menyampaikan terimakasih kepada seluruh masyarakat yang turut serta menjaga keamanan Pemilu. Juga terhadap aparat gabungan yang telah mengamankan tahapan-tahapan Pemilu hingga pencoblosan usai.

Namun begitu, Dedi mengingatkan bahwa pengamanan Pemilu 2019 belum selesai sampai di sini. Aparat TNI-Polri masih bertanggung jawab mengamankan tahapan Pemilu hingga penghitungan di tingkat pusat.

"Selesai perhitungan TPS, Polri juga masih akan mengamankan dan mengawal seluruh surat suara dari TPS ke PPK dan PPK ke tingkat kabupaten, selanjutnya dikirim ke tingkat provinsi. 35 Hari setelah tanggal 17 ini, kita masih ada agenda juga mengamankan perhitungan secara nasional di KPU," tuturnya.

Aparat juga masih bertanggung jawab mengamankan gugatan sengketa Pemilu di Mahkamah Konstitusi. Belum lagi agenda nasional lainnya di luar Pemilu.

"Hari Jumat ada kegiatan umat Kristiani Jumat Agung, itu kita amankan juga," kata Dedi memungkasi.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
KPU Garut Musnahkan 27 Ribu Lebih Surat Suara
Artikel Selanjutnya
Mengenang Masa Lalu Secara Gratis di Museum Sejarah Jakarta Saat Pemilu 2019