Sukses

Proses Privatisasi Pertamina Perlu Dipercepat

Liputan6.com, Detroit: Ketua Komisi VIII Irwan Prayitno mendesak dilakukannya percepatan proses privatisasi Perusahaan Umum Pertamina. Tujuannya, agar segera meningkatkan daya saing Badan Usaha Milik Negara ini dalam menghadapi persaingan di era globalisasi mendatang. Pernyataan tersebut disampaikan Irwan, baru-baru ini di Jakarta.

Menurut dia, saat ini Pertamina masih saja terfokus dalam pembenahan masalah-masalah internal, meski tantangan dan kompetisi sudah semakin dekat. Padahal, pemberlakukan privatisasi di Pertamina selain mampu menerapkan efisiensi penggunaan dana dan manajemen, juga dapat mengantisipasi persaingan menghadapi pasar bebas Asean (AFTA) tahun 2003 mendatang.

Selain itu, tambah Irwan, proses privatisiasi ini juga menjadi tuntutan yang mendesak untuk direalisasikan. Sehingga, saat memasuki era globalisasi nanti, Pertamina sudah siap bersaing dengan kompetitor dari negara-negara lain.

Dalam pengamatan Irwan, dia melihat pola yang diterapkan Pertamina saat ini adalah menghindari kompetisi. Sehingga tak heran bila Pertamina pun terkesan tak ingin bersaing. Padahal, dengan persaingan tersebut, Pertamina bisa terpacu untuk meningkatkan kinerjanya.(BMI/Jufri Alkatiri dan Sudjatmoko)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.