Sukses

Anies Sebut Halte CSW dan Stasiun ASEAN MRT Contoh Perencanaan Tanpa Integrasi

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menggunakan MRT Jakarta menuju kantor kerjanya di Balai Kota, Jakarta Pusat.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sempat menggunakan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta menuju kantor kerjanya di Balai Kota, Jakarta Pusat. Saat perjalanannya menuju Stasiun Bundaran Bundaran HI dari Stasiun Fatmawati, Anies sempat ke Stasiun ASEAN terlebih dahulu.

Dia menyebut Halte CSW Transjakarta di koridor 13 merupakan contoh integrasi yang tidak sempurna. Sebab, Anies menyebut adanya persimpangan atau tidak terhubungnya antara MRT dan Transjakarta.

"Di Stasiun ASEAN ada persimpangan antara Transjakarta (Halte CSW) dengan MRT. Saya selalu menggarisbawahi soal integrasi, dan persimpangan itu adalah contoh sempurna perencanaan tanpa integrasi," kata Anies Baswedan di Stasiun Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (1/4/2019).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menyebut warga dari Ciledug, Tangerang tidak dapat menggunkan MRT Jakarta bila menggunakan Transjakarta koridor 13.

Tak hanya itu, Anies juga menyebut warga yang ingin ke Ciledug sebagai pengguna MRT pun sulit berpindah. Padahal, dia menilai pembangunan Transjakarta koridor 13 dan MRT Jakarta relatif bersamaan.

"Tidak ada sedikit pun sambungan antarkeduanya, jadi bagi warga dari Ciledug yang mau turun pindah ke MRT enggak bisa," jelas Anies Baswedan.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Diskon 50 Persen

Sebelumnya, Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta mulai beroperasi secara komersil pada Senin, 01 April 2019. Rencananya selama sebulan pertama berbayar ini penumpang akan mendapatkan potongan sebesar 50 persen dari tarif yang telah ditentukan selama April 2019.

"Gubernur Provinsi DKI Jakarta telah menyetujui usulan PT MRT Jakarta untuk memberikan diskon sebesar 50 persrn selama bulan April 2019," kata Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhamad Kamaluddin.

Untuk besaran tarif MRT Jakarta, Kamaluddin menyebut berdasarkan yang telah disepakati oleh Pemprov DKI Jakarta dan DPRD DKI Jakarta.

Besaraan itu juga telah dituangkan dalam Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 34 Tahun 2019 tentang Tarif Angkutan Perkeretaapian Mass Rapid Transit dan Kereta Api Ringan/Light Rail Transit.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • Transjakarta adalah sistem transportasi Bus Rapid Transit (BRT) pertama di Asia Tenggara dan Selatan, yang beroperasi sejak tahun 2004 di Ja

    Transjakarta

  • MRT Jakarta