Sukses

Ajak Masyarakat Coba MRT, Jokowi: Mumpung Masih Gratis

Jokowi mengatakan bahwa transportasi berbasis rel ini masih digratiskan hingga 31 Maret 2019.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengajak masyarakat mencoba transportasi Moda Raya Terpadu (MRT) rute Bundaran Hotel Indonesia (HI)-Lebak Bulus. Jokowi mengatakan bahwa transportasi berbasis rel ini masih digratiskan hingga 31 Maret 2019.

"Hari ini sebuah peradaban baru dengan mulai dioperasikannya MRT fase pertama. Siapa yang sudah coba MRT tunjuk jari? Tunjuk jari siapa yang udah coba. Yang belum coba, besok coba. Mumpung masih gratis, karena nanti sebulan lagi bayar," kata Jokowi saat meresmikan MRT di Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (24/3/2019).

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut MRT merupakan budaya baru masyarakat Indonesia. Usai fase I diresmikan, Jokowi juga mencanangkan ground breaking MRT fase kedua rute Bundaran HI-Kota Tua.

"Tahun ini tadi saya perintahkan juga untuk memulai yang rute timur barat east west mulai tahun ini," ucapnya.

Dalam peresmian MRT, Jokowi didampingi sejumlah menteri Kabinet Kerja, seperti Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, dan lainnya.

Hadir pula Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Ketua DPRD DKI Jakarta Prasetio Edi Marsudi, mantan Gubernur DKI Jakarta Sutiyoso, dan sejumlah artis seperti Nirina Zubir, Cathy Sharon, Lukman Sardi, hingga Reza Rahadian.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, besaran tarif akan disesuaikan dengan jarak tempuh pengguna. Penumpang dikenai Rp 1.000 per-kilometer.

Ia menjelaskan, MRT sampai dengan 31 Maret 2019 masih beroperasi secara nonkomersial. Itu artinya warga bisa menaiki secara cuma-cuma. Setelah itu berakhir, pengguna akan dikenai tarif. Anies mengatakan, dalam pelaksanannya nanti hampir mirip dengan Transjakarta.

"Masyarakat nanti menerima kartu seperti juga kalau naik bus TJ. Dan kartu itu Jak Lingko, nanti akan didebet dikurangi. Jadi cara pelaksanaannya seperti itu," terang Anies di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, Jumat (22/3/2019).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Moda Raya Terpadu atau disingkat MRT adalah sistem transportasi rel angkutan cepat di Jakarta.

    MRT

  • MRT Jakarta

Video Terkini