Sukses

Jokowi Janjikan KIP Kuliah Meski Sudah Ada Bidik Misi, Apa Bedanya?

Dalam Pilpres 2019, Petahana Jokowi menjanjikan akan mengeluarkan program KIP kuliah meski sudah ada program bidik misi. Lantas apa bedanya?

Liputan6.com, Jakarta - Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah milik calon presiden petahana, Joko Widodo kerap menjadi perbincangan. Sebab, banyak dari masyarakat yang masih belum memahami perbedaan antara KIP Kuliah dengan program Bidik Misi.

Menanggapi hal itu, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir menjelaskan, KIP Kuliah sama sekali berbeda dengan Bidik Misi.

"Kalau Bidik Misi kan (yang diberikan) uang hidup, biaya hidup. Tapi kalau untuk KIP, saya mengusulkan kalau SPP saya minta gratis," tutur Nasir di Kantor Kemenristekdikti, Senayan, Jakarta, Jum’at (15/3/2019).

Nasir menegaskan, penerima program Bidik Misi selama ini mendapatkan biaya hidup. Yaitu yang tadinya hanya 650 ribu sekarang sudah dinaikkan menjadi 700 ribu rupiah per bulan.

Sedangkan, KIP Kuliah diusulkan untuk memberikan biaya SPP dan buku kuliah gratis bagi penerima program tanpa adanya biaya hidup. Meski begitu, bila anggaran dirasa cukup, Nasir berharap biaya hidup juga dapat diberikan kepada penerima program KIP Kuliah.

"Saya memohon, kalau bisa diberikan uang buku lah minimal, kalau nggak bisa (biaya hidup) ya uang buku. Dan kalau bisa lebih besar dananya, ya uang hidup juga," jelas Nasir.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Usulkan ke Menteri Keuangan

Nasir mengaku, ia juga berencana mengajukan skema program KIP Kuliah kepada Menteri Keuangan, Sri Mulyani.

"Bagaimana KIP seperti Bidik Misi, nah nanti skema itulah kami ajukan kepada Menteri Keuangan tahun ini," tukasnya.

Ia menyatakan, bila dana sudah disetujui dan yang dianggarkan cukup untuk biaya buku dan hidup, nantinya pihak kampus juga harus ikut memberikan hal tersebut kepada penerima program.

"Kalau nanti bisa lebih ya bukan biaya buku saja, tapi biaya hidupnya juga dari kampus," tandas Nasir.

 

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/​sederajat yang memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi
    Bantuan biaya pendidikan dari pemerintah bagi lulusan SMA/​sederajat yang memiliki potensi akademik baik namun memiliki keterbatasan ekonomi

    KIP Kuliah

  • Presiden Jokowi hibur anak-anak dengan atraksi sulap di peringatan Hari Anak Nasional, di Pekanbaru, Riau.
    Joko Widodo merupakan Presiden ke-7 Indonesia yang memenangi Pemilihan Presiden bersama wakilnya Jusuf Kalla pada 2014

    Jokowi

  • Bidik Misi