Sukses

Jokowi Tegaskan Komitmen Dukung Perbaikan Sistem Peradilan

Jokowi memuji sinergi antara MA, pemerintah dan lembaga terkait lainnya bisa mewujudkan cita-cita negara hukum.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi menyatakan komitmennya untuk mendukung penuh Mahkamah Agung (MA) melakukan perbaikan sistem peradilan. Ini disampaikan Jokowi saat menghadiri Pleno MA RI tahun 2019 dalam rangka laporan tahunan MA 2018. 

"Saya sebagai Kepala negara sekaligus kepala pemerintahan, berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh kepada MA untuk melakukan perbaikan pembaharuan sistem peradilan," kata Jokowi di Cendrawasih Room, Balai Sidang Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jakarta Pusat, Rabu (27/2/2019). 

Mantan Wali Kota Solo ini meyakini, sinergi antara MA, pemerintah dan lembaga terkait lainnya bisa mewujudkan cita-cita negara hukum. Sinergi yang kuat juga menjadi modal untuk melanjutkan reformasi sistem hukum berkeadilan.

"Dengan sinergi yang kuat kita akan segera menciptakan kepastian hukum yang turut akan membentuk iklim usaha yang positif dan melahirkan kemajuan ekonomi Indonesia," imbuh dia.

Jokowi menegaskan pemerintah akan terus mendukung insiatif-inisiatif terobosan dari MA yang akan mempercepat hadirnya keadilan di Indonesia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Puji sistem Pengadilan Elektronik

Sebelumnya, Jokowi memuji MA yang telah menerapkan sistem aplikasi pengadilan elektronik atau e-Court. E-Court merupakan adalah layanan pendaftaran perkara online, pembayaran online dan pemanggilan online.

Jokowi mengatakan penerapan e-Court akan mempercepat terwujudnya pelayanan peradilan yang sederhana, cepat dan berbiaya ringan.

"Saya berharap implementasi e-Court juga sebagai jalan untuk mewujudkan transparansi yudisial," kata dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini: 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.