Terwujudnya Keinginan Pemprov DKI Bangun Waduk Penangkal Banjir

Terwujudnya Keinginan Pemprov DKI Bangun Waduk Penangkal Banjir

Cita-cita Pemprov DKI Jakarta merevitalisasi waduk di Ibu Kota sudah mulai diwujudkan, yaitu dengan pembangunan Waduk Kaja di Ciracas, Jakarta Timur. Dengan konsep naturalisasi, nantinya di sekitar waduk akan ditanami tumbuhan hijau.

Seperti ditayangkan Liputan6 SCTV, Kamis (21/2/2019), Waduk Kaja dibangun berkonsep naturalisasi. Turap-turapnya dibuat berundak tanpa betonisasi, melainkan menggunakan bronjong batu kali. Sementara itu, tebing turap ditumbuhi rumput, sedangkan nantinya di atas akan ditanami tumbuhan.

Waduk Kaja dirancang agar mampu menampung curah hujan untuk mengimbangi kapasitas Kali Cipinang. Jika rampung, waduk berpotensi menangkal banjr di sepanjang permukiman yang dilalui Kali Cipinang.

Waduk Kaja ini digadang-gadang jadi proyek percontohan pembangunan waduk lainnya yang belum dimulai. Sebenarnya kendala muncul karena akses jalan menuju waduk yang tidak mudah dijangkau serta faktor tanah di sekitar waduk yang tidak bisa dibuang sembarangan.

"Susah buang tanah ini karena menurut Dirjen Pertanahan memiliki nilai yang tidak bisa dibuang di sembarang tempat," ujar Kasie Pembangunan SDA Andika Purnomo. (Karlina Sintia Dewi)

Ringkasan

Oleh Maria Flora pada 21 February 2019, 15:52 WIB

Video Terkait

Spotlights